Upaya meningkatkan hasil belajar kognitif siswa menggunakan kolaborasi metode ceramah dengan Role Playing pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi akhlak terpuji

Awaludin, Irwan (2018) Upaya meningkatkan hasil belajar kognitif siswa menggunakan kolaborasi metode ceramah dengan Role Playing pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi akhlak terpuji. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang terjadi di kelas IV MI PUI Pusakasari Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Akhlak Terpuji masih rendah yaitu 65. Nilai tersebut masih jauh dari Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditentukan yaitu sebesar 69. Rendahnya nilai yang diperoleh siswa diduga karena kurang tepatnya penggunaan metode pembelajaran, sehingga proses pembelajaran menjadi kurang menarik, siswa tidak aktif karena sulit untuk memahami materi yang disampaikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui; (1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan kolaborasi metode ceramah dengan role playing pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Akhlak Terpuji di kelas IV MI PUI Pusakasari; (2) Penggunaan kolaborasi metode ceramah dengan role playing pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Akhlak Terpuji di kelas IV MI PUI Pusakasari pada setiap siklus; dan (3) Hasil belajar siswa setelah menggunakan kolaborasi metode ceramah dengan role playing pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Akhlak Terpuji di kelas IV MI PUI Pusakasari Cipaku Ciamis pada setiap siklus. Secara teoritis, kolaborasi metode ceramah dengan role playing dapat mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai prestasi secara maksimal. Berdasarkan asumsi tersebut diajukan hipotesis bahwa penggunaan kolaborasi metode ceramah dengan role playing diduga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Akhlak Terpuji. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap secara berulang yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, instrumen tes. Responden atau subjek penelitian ini sebanyak 25 orang dengan rincian 9 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV MI PUI Pusakasari Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis pada mata pelajaran Akidah Akhlak sebelum menggunakan kolaborasi metode ceramah dengan role playing nilai rata-ratanya sebesar 62,84 dengan kategori cukup. Proses pembelajaran menggunakan kolaborasi metode ceramah dengan role playing berjalan dengan baik. Hal ini ditunjukkan oleh hasil observasi aktivitas guru selalu meningkat pada setiap siklusnya, yaitu pada siklus I 75% dengan kategori baik, dan siklus II menjadi 90% dengan kategori sangat baik. Demikian pula hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I 60% dengan kategori cukup, dan pada siklus II menjadi 87% dengan kategori sangat baik. Adapun nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I tindakan I 71,28 tindakan II menjadi 71,44 dengan kategori baik. Sedangkan pada siklus II tindakan I 73 tindakan II menjadi 75 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; metode ceramah; Role Playing;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Irwan Awaludin
Date Deposited: 25 Nov 2019 03:05
Last Modified: 25 Nov 2019 03:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27379

Actions (login required)

View Item View Item