Pola komunikasi dakwah MDC: Studi deskriptif pada Muslim Designer Community (MDC) Bandung

As Shidiqi, Noval (2019) Pola komunikasi dakwah MDC: Studi deskriptif pada Muslim Designer Community (MDC) Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
3_daftarisi.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (671kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Dakwah menjadi salah satu kewajiban bagi umat muslim, selain itu banyak cara yang dapat dilakukan dalam menyampaikan pesan dakwah. Seperti yang dilakukan oleh MDC mereka menyampaikan dakwah lewat desain poster, stiker, dll. Muslim Designer Community (MDC) menjadi komunitas yang bergerak dalam bidang desain, akan tetapi memiliki tujuan untuk meyampaikan dakwah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pola komunikasi dakwah yang dilakukan oleh Muslim Designer Community (MDC) Bandung. Penelitian dilakukan terhadap Muslim Designer Community (MDC) di Bandung. Kerangka berfikir dari penelitian ini berfokus pada pola komunikasi yang dilakukan MDC Bandung, yang dimana peneliti mengambil garis besar pembahasan yaitu mengenai pesan, metode dan media dakwah. Dalam hal ini peneliti mengambil teori komunikasi Harold Laswell, karena terori tersebut memiliki hubungan dengan penelitian ini. Langkah yang di ambil oleh peneliti dalam penelitiannya yaitu observasi dan wawancara yang dilakukan kedapa pihak MDC, kemudian jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Selain itu, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, pola komunikasi dakwah yang dilakukan Muslim Designer Community (MDC) Bandung yaitu melaksanakan komunikasi dakwah lewat seminar, komunikasi massa lewat media-media seperti Instagram dan Facebook. Sehingga pesan dakwah sesuai dengan ajaran Islam dan dapat di terapkan secara rinci. Selain itu juga komunikasi dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor sugesti dan faktor otoritas. Sehingga setiap kegiatan yang dilakukan oleh Muslim Designer Community (MDC) Bandung mengandung pesan dakwah yang dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi; Desain; Dakwah
Subjects: Systems > Theory of Communication and Control
Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: kashoes kashoes
Date Deposited: 08 Nov 2019 06:51
Last Modified: 08 Nov 2019 06:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27078

Actions (login required)

View Item View Item