Pengaruh strategi metakognitif berbasis software algebrator terhadap kemampuan berpikir aljabar siswa

Suparman, Restu Ahmad (2019) Pengaruh strategi metakognitif berbasis software algebrator terhadap kemampuan berpikir aljabar siswa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi belajar metakognitif berbasis algebrator terhadap kemampuan berpikir aljabar siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2019 di MAN 5 Garut tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen yang menggunakan desain pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini siswa kelas MIA X 4 berjumlah 31 orang sebagai kelas kontrol dan kelas MIA X 3 berjumlah 33 orang sebagai kelas eksperimen. Analisis data posttest menggunakan uji Anova dua jalur Karena peneletian ini menguji suatu hipotesis yang membandingakan suatu perbedaan rata-rata dari sampel yang independen dengan melibatkan tiga faktor yaitu berdasarkan kategori Pengetahuan Awal Matematika (tinggi, sedang, rendah). Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pencapaian kemampuan berpikir aljabar siswa yang memperoleh pembelajaran Strategi Metakognitif berbasis Algebrator (SMBA) lebih tinggi dengan siswa yang memperoleh pembelajaran Ekspositori berdasarkan tingkat pengetahuan awal matematika berkategori (tinggi, sedang, rendah) secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Metakognitif; Software Algebrator; Kemampuan Berpikir Aljabar;
Subjects: Education > Statistic of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Restu Ahmad Suparman
Date Deposited: 05 Nov 2019 02:43
Last Modified: 05 Nov 2019 02:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26811

Actions (login required)

View Item View Item