Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT) berbantu monopoli terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada Materi Sistem Pernapasan: Penelitian quasi-eksperiment pada siswa kelas VIII MTs Miftahul Falah

Nurjamilah, Intan Permatasari (2019) Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT) berbantu monopoli terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada Materi Sistem Pernapasan: Penelitian quasi-eksperiment pada siswa kelas VIII MTs Miftahul Falah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian didasarkan pada permasalahan terkait pembelajaran IPA yang kurang menekankan pada kemampuan berpikir kreatif siswa, sehingga siswa kesulitan untuk mengasah kemampuan dalam menyelesaikan masalah pada pembelajaran. Guru harus mampu menciptakan inovasi baru dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT berbantu monopoli terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem pernapasan. Metode yang digunakan adalah Quasi-Eksperiment, dengan desain control group pretest-posttest dan teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Sampel penelitian berasal dari kelas VIII-C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-D sebagai kelas eksperimrn yang masing-masing berjumlah 30 siswa dengan menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kreatif, lembar observasi, dan angket respon siswa. Hasil penelitian peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem pernapasan diperoleh nilai N-Gain 0,61 dengan kategori sedang. Pengaruh model TGT berbantu monopoli terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dengan uji-t menunjukkan bahwa thitung (8,07) > ttabel (2,00), artinya tedapat pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian bahwa penggunaan model pembelajaran TGT berbantu monopoli dalam pembelajaran berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem pernapasan manusia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament (TGT); Monopoli; Kemampuan Berpikir Kreatif; Sistem Pernapasan
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Intan Permatasari Nurjamilah
Date Deposited: 25 Oct 2019 07:55
Last Modified: 25 Oct 2019 07:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26203

Actions (login required)

View Item View Item