Penilaian formatif kriteria plausible pada pembelajaran fisika berdasarkan motif eliciting dan aspek substantif:Studi wacana kelas pada pembelajaran usaha dan energi di SMA Karya Budi

Kamalia, Lugina (2019) Penilaian formatif kriteria plausible pada pembelajaran fisika berdasarkan motif eliciting dan aspek substantif:Studi wacana kelas pada pembelajaran usaha dan energi di SMA Karya Budi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. daftar isi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4. bab1.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5. bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. bab5.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran merupakan kegiatan utama dalam pendidikan di sekolah. Menurut PMS terwujudnya proses pembelajaran yang berhasil jika telah mencapai totalitas. Totalitas itu sendiri ditunjukkan dengan adanya interaksi antara pendidik, peserta didik, dan materi subjek. Selain itu, untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dilakukan dengan tes, salah satunya adalah tes formatif yang dilakukan secara berkala setelah penyampaian materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian formatif kriteria plausible pada materi usaha dan energi berdasarkan motif eliciting dan aspek substantif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan dianalisis menggunakan analisis wacana. Penelitian ini dilakukan di SMA Karya Budi terhadap respon peserta didik, motif mengajar pendidik, dan aspek materi subjek. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa observasi langsung dan tidak langsung menggunakan perekam vidio dan lembar observasi. Data hasil penelitian diolah dengan pembentukan teks transkripsi, pembentukan teks dasar, penghalusan, dan pembentukan struktur makro. Selanjutnya analisis dilakukan dengan mengacu pada indikator masing-masing motif, aspek, dan kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian formatif kriteria plausible selama tiga kali pertemuan sebanyak 43,7%. Kata Kunci: Penilaian formatif, PMS, kriteria plausible, motif eliciting, aspek substantif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penilaian formati; PMS; kriteria plausible; motif eliciting; aspek substantif
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Lugina gina Kamalia
Date Deposited: 25 Oct 2019 02:56
Last Modified: 25 Oct 2019 02:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26084

Actions (login required)

View Item View Item