Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis tutorial pada Materi Alat Optik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik

Nurzaman, Resy Fauziah Ratna (2019) Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis tutorial pada Materi Alat Optik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu jenis keterampilan berpikir tingkat tinggi yang penting dimiliki peserta didik untuk mendukung keterampilan abad 21. Kenyataan di lapangan memperlihatkan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik masih rendah, dikarenakan jarang menggunakan media yang menyisipkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kelayakan lembar kerja peserta didik berbasis tutorial, 2) peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah pembelajaran menggunakan lembar kerja peserta didik berbasis tutorial, dan 3) respon peserta didik terhadap penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis tutorial. Berdasarkan hasil uji t, didapatkan nilai t_hitung dan t_tabel yaitu 5,25 dan 2,045 sehingga t_hitung>t_tabel menyebabkan hipotesis nol ditolak. Dengan ini disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan lembar kerja peserta didik berbasis tutorial. Penelitian ini menggunakan metode pre-experiment dengan desain one group pretest posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) berdasarkan penilaian validator ahli media, ahli materi dan ahli lapangan, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis tutorial ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran, 2) terdapat peningkatan nilai posttest dari nilai pretest dengan perolehan nilai N-gain rata-rata berkategori sedang, serta 3) terdapat respon positif dari peserta didik terhadap penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis tutorial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Kritis; Tutorial; Lembar Kerja Peserta Didik
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Secondary Education > Upper Level Secondary School
Light, Infrared and Ultraviolet Phenomena > Physical Optics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Resy Fauziah
Date Deposited: 25 Oct 2019 07:48
Last Modified: 25 Oct 2019 07:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25996

Actions (login required)

View Item View Item