Kampanye Public Relations Messengers of Peace Pramuka Indonesia

Nurismawan, Fajar (2019) Kampanye Public Relations Messengers of Peace Pramuka Indonesia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstract

Kwartir Daerah Jawa Barat merupakan Organisasi gerakan pramuka yang berada disatuan wilayah Provinsi yang mengatur dan mengawasi kegiatan kepramukaan yang ada di Jawa Barat. Kepramukaan memiliki sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan masyarakat dan bangsa Indonesia. Pramuka Kwartir Daerah Jawa Barat menyelenggarakan program Scout Journey for Peace sebagai bentuk itikad dan moto besar yang mendukung pelaksanaan program sosial yang aktif dengan mengembangkan nilai-nilai perdamaian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memetakan sebuah Program Kampanye Public Relations yang dilakukan oleh Humas Kwartir Daerah Jawa Barat, melalui Messengers of Peace Jawa Barat adalah untuk mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program kampanye. Penelitian ini menggunakan konsep The Ten Stages of Campaign Planning atau sepuluh tahapan perencanaan kampanye yang dikembangkan oleh Ane Gregory dalam Rosady Ruslan yang meliputi analisis, tujuan, publik atau khalayak sasaran, pesan-pesan, strategi kampanye, taktik pelaksanaan, skala waktu, sumber daya, evaluasi atau penilaian dan peninjauan yang diimplementasikan dalam tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dari program tersebut. Penelitian ini menggunakan studi deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan wawancara dan observasi partisipasi pasif dan studi dokumen. Penelitian ini dilakukan melalui langkah-langkah: menentukan lokasi penelitian, menentukan metode penelitian, menentukan jenis dan sumber data, menentukan pemilihan informan, menentukan teknik pengumpulan data, sampai tahap akhir yaitu mengolah dan menganalisis data. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Program Scout Journey for Peace melaksanakan proses perencanaan dengan membuat logo, Tagline dan Themesong¸konten kampanye dapat diterima oleh masyarakat dan meningkatkan kapasitas sumberdaya kampanye dengan melakukan seleksi tim pelaksana. Proses pelaksanaan memaksimalkan agenda kegiatan disetiap wilayah, pembagian tugas dan koordinasi serta melakukan strategi kampanye dengan menerapkan siklus kebaikan. Proses evaluasi dari masyarakat mendapatkan respon positif dan masyarakat meneruskan kampanye tersebut dilingkungannnya, kegiatan SJFP Camp dan launching buku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kampanye PR;Scout Journey for Peace;Kwarda Jawa Barat.
Subjects: General Organizations in Indonesia
Political Process > Campaigns and Parties in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Fajar Fajar Imani Ajay
Date Deposited: 16 Oct 2019 07:33
Last Modified: 16 Oct 2019 07:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25475

Actions (login required)

View Item View Item