Hubungan konsep diri dengan Intensi menyontek pada siswa kelas XI IPS-4 SMAN 14 Garut

Wirapradja, Setiana Afandi (2013) Hubungan konsep diri dengan Intensi menyontek pada siswa kelas XI IPS-4 SMAN 14 Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang ditemukan pada siswa kelas XI IPS-4 SMAN 14 Garut sering terjadi perilaku menyontek ketika ujian. Baik ujian tengah smester maupun akhir semester. Sebenarnya hal tersebut sudah umum di sekolah-sekolah yang lainnya, namun peniliti merasa tertarik untuk mengadakan penelitian di sekolah tersebut belum adanya penelitian yang dilakukan oleh peneliti lainnya di SMAN 14 Garut tersebut. Selain itu penelitian ini juga diadakan karena di kelas XI IPS-4 sudah menjadi kebiasaan ketika diadakan ujian tengah semester dan akhir semester mereka pada umumnya sering menyontek, baik pada buku pelajaran, pada lembar jawaban temannya, Hp, menulis contekan pada meja atau telapak tangan dan komunikasi secara langsung atau tidak langsung ( verbal/nonverbal). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan intensi menyontek pada Siswa SMAN 14 Garut Kelas XI IPS-4. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan korelasional, sedangkat metode yang digunakan adalah angket, serta pengambilan sampel dilakukan dengan teknik populasi. Alat ukur yang digunakan adalah skala likert dari Azwar, untuk konsep diri bersumber dari teori Hurlock dan untuk Intensi Menyontek bersumber dari teori Fishbein dan Ajzen. Data yang diperoleh dari penelitian ini data ordinal. Sedangkan pengolahan datanya menggunakan metode statistik non parametrik, yaitu uji korelasi rank spearman. Berdasarkan hasil perhitungan dan pengujian statistik, maka diperoleh nilai P-value yang diperoleh adalah sebesar 0.044 dan kriteria validitas korelasi sebesar 0.044, nilai tersebut lebih kecil bila dibandingkan dengan α = 0.05. Dengan demikian, H1 diterima dan secara otomatis H0 ditolak. Hal ini menujukkan hipotesis yang menyatakan “terdapat hubungan antara konsep diri siswa dengan intensi menyontek pada siswa SMAN 14 Garut Kelas XI IPS-4” diterima. Sehingga bisa disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang negatif antara konsep diri siswa dengan intensi menyontek pada siswa SMAN 14 Garut Kelas XI IPS-4.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri; Menyontek; Siswa
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 21 Dec 2016 08:02
Last Modified: 15 Jul 2019 03:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2546

Actions (login required)

View Item View Item