Implementasi media relations melalui keberadaan media center: Analisis deskriptif pada humas PT.Pindad Persero Bandung

Nuarita, Ranti (2019) Implementasi media relations melalui keberadaan media center: Analisis deskriptif pada humas PT.Pindad Persero Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy

Abstract

Era Transparansi dan semakin meningkatnya perkembangan tekhnologi dan komunikasi membuat Praktisi Humas harus meningkatkan kinerjanya untuk penyebarluasan informasi kepada publik. Media Center merupakan salah satu pusat ruang informasi yang dimanfaatkan praktisi humas tepatnya Media Relations PT. Pindad (Persero) sebagai salah satu fasilitas yang dimiliki perusahaan dalam penyebarluasan informasi dan sarana menjalin hubungan harmonis dengan media. Penelitian ini dilakukan karena banyak kegiatan-kegiatan media relations yang dilakukan PT. Pindad (Persero) yang berbeda dengan perusahaan lain menjadikan peneliti tertarik untuk meneliti hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penentuan masalah, perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi yang dilakukan oleh praktisi humas PT. Pindad (Persero) dalam Implementasi Media Relations Melalui Keberadaan Media Center. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini yaitu konsep four step public relations atau empat tahapan proses kerja public relations menurut Cutlip dan Center yang didalamnya meliputi pengumpulan, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan analisis deksriptif dengan pendekatan kualitiatif. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan wawancara, dan observasi dengan tiga informan. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan, dapat disimpulkan bahwa praktisi humas PT. Pindad (Persero) dalam Implementasi Media Relations Melalui Media Center menggunakan empat tahapan proses public relations. Proses yang dilakukan pertama yakni fact finding dengan menentukan masalah melalui Sharing Informal, dan Kuisioner. Kedua planning, perencanaan yang dilakukan yakni menyusun program memalui TOR dan Proposal, media center digunakan untuk ruang koordinasi, dan pendekatan dengan media. Ketiga Actions, pelaksanaan yakni media center sebagai pusat penyebaran dan pertukaran informasi, ruang koordinasi dan ruang khuus untuk pendekatan dengan media. Keempat evaluations, menilai keberhasilan program dari media monitoring dan grafik kunjungan media ke media center.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Relations; Media Center
Subjects: General Management > Job Analysis
General Management > Information Management
General Management > Top Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Ranti Nuarita
Date Deposited: 11 Oct 2019 06:18
Last Modified: 11 Oct 2019 06:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25311

Actions (login required)

View Item View Item