Penerapan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA)untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dalam mata pelajaran PAI: Penelitian pada siswa Kelas VIII SMP Al-Mansuriyyah Nagrak Sukabumi

Syihab, Desy Nurazizah (2019) Penerapan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA)untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dalam mata pelajaran PAI: Penelitian pada siswa Kelas VIII SMP Al-Mansuriyyah Nagrak Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (760kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (978kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMP Al-Manshuriyah Nagrak melalui pengamatan serta wawancara dengan guru mata pelajaran PAI diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa masih rendah di bawah KKM yaitu 70 hal tersebut dikarenakan disana metode pembelajaran masih menggunakan metode yang bervariasi. Penulis mencoba untuk menerapkan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer (CGQA) yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer (CGQA) pada mata pelajaran PAI materi iman kepada kitab-kitab Allah. 2) mengetahui hasil belajar kognitif siswa dalam mata pelajaran PAI materi iman kepada kitab-kitab Allah menggunakan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer (CGQA) di SMP Al-Manshuriyah Nagrak. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh ketepatan guru dalam memilih model pembelajaran. Atas dasar itu peneliti memilih model pembelajaran Giving Question and Getting Answer (CGQA) karena model ini memberi keluasan kepada siswa untuk saling bertukar pikiran dalam menyelesaikan pekerjaan kelompok. Adapun kelebihan dari Giving Question and Getting Answer (CGQA) Suasana kelas menjadi lebih aktif, siswa mendapat kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dimengerti oleh siswa, Guru dapat mengetahui sejauh mana siswa dapat menguasai materi yang disampaikan, dan lain-lain. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan tipe desain one pretest posttest design dengan sampel berjumlah 24 orang siswa. Adapun teknik pengumpul data menggunakan tes, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data kualitatif menggunakan pendekatan logika dan kuantitatif menggunakan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer (CGQA) terlaksana dengan baik sesuai dengan langkah-langkahnya ini berdasarkan hasil observasi sebesar 68%. 2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI materi iman kepada kitab-kitab Allah dengan menggunakan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer (CGQA) dapat dikategorikan baik dengan perolehan rata-rata nilai posttest 73,25, meningkat dengan N-Gain kategori 0,37

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: GQGA; Giving Question and Getting Answer; Model Pembelajaran
Subjects: Education > Philosophy and Theory of Education
Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Desy Nurazizah Syibab
Date Deposited: 27 Sep 2019 09:39
Last Modified: 27 Sep 2019 09:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24527

Actions (login required)

View Item View Item