Penurunan miskonsepsi siswa menggunakan peta konsep pada materi sistem pertahanan tubuh: Penelitian pre-eksperimen pada siswa kelas XI MA Ar-Rosyidiyah

Indah, Nurul (2019) Penurunan miskonsepsi siswa menggunakan peta konsep pada materi sistem pertahanan tubuh: Penelitian pre-eksperimen pada siswa kelas XI MA Ar-Rosyidiyah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy

Abstract

Miskonsepsi siswa pada materi sistem pertahanan tubuh melalui penggunaan peta konsep diharapkan dapat menurunkan miskonsepsi siswa. Sebab pembelajaran dengan menggunakan peta konsep efektif dalam mengurangi miskonsepsi dan dapat membantu pembelajaran yang lebih bermakna. Tujuan penelitian ini untuk menurunkan miskonsepsi siswa pada materi sistem pertahanan tubuh dengan menggunakan strategi pmbelajaran peta konsep. Penelitian dilakukan di kelas XI MIA MA Ar-arosyidiyah Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data melalui tes dan non-tes. Instrumen non-tes yaitu berupa lembar observasi guru dan siswa serta angket, sedangkan instrumen tes yaitu berupa soal pilihan ganda. Hasil penilitian dari data Pretest-Posttest menunjukkan terjadinya penurunan miskonsepsi sebesar 17,78% dari 31,67% menjadi 13,89%. Hasil Uji T-Paired menunjukkan bahwa t hitung 11,93 > t tabel 2,06 pada taraf signifikan 5%, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan peta konsep dapat membantu menurunkan miskonsepsi siswa pada materi sistem pertahanan tubuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi; peta konsep; sistem pertahanan tubuh;
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Curricula
Natural Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nurul Indah Baesuni
Date Deposited: 03 Oct 2019 07:05
Last Modified: 03 Oct 2019 07:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23990

Actions (login required)

View Item View Item