Implementasi kebiakan Peraturan Menteri Agama No 29 tahun 2015 tentang penyelenggaraan ibadah haji reguler di Kota Bandung

Amalia, Syifa Ulghina (2019) Implementasi kebiakan Peraturan Menteri Agama No 29 tahun 2015 tentang penyelenggaraan ibadah haji reguler di Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB) | Request a copy

Abstract

Antusiasme masyarakat Indonesia untuk menunaikan ibadah haji sangat tinggi. Sementara kuota haji di Indonesia sangat terbatas. Daftar tunggu haji di Kota Bandung saat ini mencapai 10-20 tahun. Lamanya daftar tunggu ini karena jumlah pendaftar haji terus bertambah setiap harinya, dan jumlah pendaftar lebih besar dari kuota. Agar antrian tidak semakin memanjang Kementerian Agama mengeluarkan kebijakan Peraturan Menteri Agama No 29 Tahun 2015 tentang penyelenggaraan haji reguler khususnya mengenai pembatasan pendaftaran haji. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kebijakan Peraturan Menteri Agama Nomor 29 Tahun 2015 tentang penyelenggaraan haji reguler di Kota Bandung khususnya pembatasan pendaftaran haji. Penelitian ini menggunakan teori implementasi kebijakan oleh George. C Edwards, menurut Edwards implementasi kebijakan dipengaruhi oleh empat variabel yakni: (1) komunikasi (2) sumberdaya (3) disposisi (4) struktur birkorasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan teori dan metode tersebut, maka hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam pelaksanaan implementasi kebijakan Peraturan Menteri Agama No 29 Tahun 2015 khususnya mengenai pembatasan pendafataran haji di Kantor Kementerian Agama Kota Bandung sudah terimplementasi dengan ditolaknya jamaah haji yang mendaftar sebelum 10 tahun dari pemberangkatan terakhirnya, tetapi kebijakan tersebut belum terimplementasi dengan optimal karena masih terdapat pendaftar yang lolos di bank dikarenakan terdapat data yang belum update di BPS Haji (Bank Penerimaan Setoran).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Kebijakan; pembatasan pendaftaran haji;
Subjects: Public Administration
Public Administration > Public Administration in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: syifa ulghina amalia
Date Deposited: 26 Aug 2019 06:21
Last Modified: 26 Aug 2019 06:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23113

Actions (login required)

View Item View Item