Manfaat Neuroprotektif dari Microgreens Sorgum (Sorghum bicolor) terhadap penyakit parkinson pada lalat buah (Drosophila melanogaster) yang diinduksi paraquat

Nafis, Andina Gina (2019) Manfaat Neuroprotektif dari Microgreens Sorgum (Sorghum bicolor) terhadap penyakit parkinson pada lalat buah (Drosophila melanogaster) yang diinduksi paraquat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy

Abstract

Senyawa yang terkandung di dalam Microgreens sorgum (Sorghum bicolor) belum banyak diketahui dan dimanfaatkan, terutama polifenol, antioksidan, klorofil, dan karotenoid yang kandungannya lebih tinggi pada fase microgreens dibandingkan pada tanaman dewasa. Penelitian tentang neuroprotektif pada penyakit neurodegeneratif terbanyak kedua setelah Alzheimer yaitu Parkinson belum banyak dilakukan dengan menggunakan senyawa alami dalam microgreens sebagai upaya pencegahan dan mengurangi resiko terkena Parkinson. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak microgreens sorgum terhadap kelulusan hidup, gerak motorik, kadar malondialdehid (MDA) dan kadar dopamin penyakit Parkinson pada lalat buah (Drosophila melanogaster) yang diinduksi paraquat serta untuk mengetahui kandungan klorofil, karotenoid, antioksidan dan polifenol pada ekstrak microgreens sorgum. Penelitian ini adalah penelitian jenis eksperimental rancangan acak lengkap, 4 perlakuan dan 6 ulangan, perlakuannya yaitu kontrol/tanpa perlakuan (P0), paraquat 3,5 mM (P1), ekstrak microgreens sorgum 120 μg⁄mL (P2), paraquat 3,5 mM + ekstrak microgreens sorgum 120 μg⁄mL (P3). Hasil menunjukkan kandungan klorofil total ekstrak microgreens sorgum sebesar 14,06 mg/g dan karotenoid sebesar 5,82 µmol/g. Aktivitas antioksidan ekstrak microgreens sorgum didapatkan IC50 90,606 μg⁄mL bersifat kuat, kadar fenolat total sebesar 647,89 mg GAE/g ekstrak. Hasil pengujian kelulusan hidup lalat buah pada perlakuan ekstrak microgreens sorgum mampu menghasilkan nilai sebesar 93,33%, sedangkan kelulusan hidup paling rendah pada perlakuan paraquat yaitu sebesar 58,89%. Begitupun hasil uji lokomotor lalat buah pada perlakuan ekstrak microgreens sorgum mampu menghasilkan nilai sebesar 93,33% dan nilai terendah uji lokomotor lalat buah pada perlakuan paraquat sebesar 63,33%. Hasil uji kadar dopamin nilainya lebih rendah pada perlakuan paraquat sebesar 0,03 dibandingkan dengan perlakuan ekstrak microgreens sorgum sebesar 0,17, sedangkan kadar MDA nilainya lebih tinggi pada perlakuan paraquat sebesar 18,96 nMol/mL daripada perlakuan ekstrak microgreens sorgum sebesar 12,17 nMol/mL. Kesimpulannya adalah ekstrak microgreens sorgum dapat berperan sebagai neuroprotektif terhadap penyakit Parkinson pada lalat buah yang diinduksi paraquat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Drosophila melanogaster; Microgreens Sorgum; Paraquat; Parkinson
Subjects: Biology > General Publications of Biologi
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Biology > Biologist
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi
Depositing User: Andina Andina Gina Nafis Gina
Date Deposited: 15 Jul 2019 06:50
Last Modified: 15 Jul 2019 06:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21732

Actions (login required)

View Item View Item