Nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam buku orangtuanya manusia karya Munif Chatib dan implementasinya di Sekolah: Penelitian di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung

Maesaroh, Siti (2019) Nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam buku orangtuanya manusia karya Munif Chatib dan implementasinya di Sekolah: Penelitian di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya buku-buku yang membahas mengenai bagaimana cara mendidik anak. Salah satunya buku “Orangtuanya Manusia” karya Munif Chatib. Penulis tertarik untuk meneliti ini karena buku ini menjadi penunjuk arah bagaimana menjadi orangtua yang benar, tidak salah arah dalam mendidik anak, sesuai dengan ajaran agama Islam. Munif Chatib juga banyak memasukkan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam bukunya. Selain di dalam lingkungan keluarga implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam juga perlu dilaksanakan di sekolah agar dalam diri peserta didik tertanam nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui suatu program yang terencana. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Biografi Munif Chatib. 2) Nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam buku “Orangtuanya Manusia” karya Munif Chatib. 3) Implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam buku “Orangtuanya Manusia” karya Munif Chatib di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa nilai-nilai pendidikan agama Islam berlandaskan dari Al-Quran, As-Sunnah, dan ijtihad. Nilai-nilai pendidikan agama Islam meliputi nilai akidah, nilai syariah, dan nilai akhlak. Pentingnya implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam ini agar terdapat keseimbangan diri dalam pelaksanaan ritual ibadah dengan hakikat nilai yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu : studi pustaka, observasi, wawancara, dan angket. Teknis analisis data menggunakan analisis isi (Content Analysis) dengan langkah-langkah : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh yakni : 1) Munif Chatib adalah penulis buku Orangtuanya Manusia. Munif Chatib mendirikan sekaligus menjadi CEO Next Edu Indonesia, sebuah lembaga konsultan dan pelatihan pendidikan. Melalui buku Orangtuanya Manusia dapat membantu para orangtua menyukseskan pendidikan anak-anaknya. 2) Nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam buku “Orangtuanya Manusia” karya Munif Chatib adalah nilai akidah, nilai syariah yang mencakup aspek sosial, dan nilai akhlak. 3) Impelementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam di sekolah melalui program pengembangan nilai pendidikan agama Islam yaitu shalat dhuha berjamaah, sholat dzuhur dan ashar berjamaah, kultum, ekstrakurikuler RINDU, bimbingan baca Al-Quran, pekan latihan dakwah, rohani siswa, penegak disiplin siswa, organisasi IPM, kajian dakwah Islam, pengembangan ilmu pengetahuan, apresiasi seni budaya dan olahraga, pembinaan wali kelas dan membaca Al-Quran sebelum belajar. Maka nilai-nilai pendidikan agama Islam di sekolah terimplementasikan dengan cukup baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai PAI; Implementasi di Sekolah;
Subjects: Education > Philosophy and Theory of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Maesaroh
Date Deposited: 10 Jul 2019 01:01
Last Modified: 10 Jul 2019 01:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21568

Actions (login required)

View Item View Item