Analisis penguasaan konsep siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup melalui pembelajaran Saintifik Approach

Ismatulah, Rizqi Fauzi (2019) Analisis penguasaan konsep siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup melalui pembelajaran Saintifik Approach. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMP Mekar Arum, nilai siswa pada beberapa materi biologi belum sepenuhnya mencapai KKM. Hal tersebut disebabkan karena siswa kurang menguasai konsep materi secara menyeluruh. Oleh sebab itu perlu adanya upaya dalam ketercapaian penguasaan konsep siswa, khususnya pada mata pelajaran Biologi materi ciri-ciri makhluk hidup. Tujuan penelitian ini adalah: menganalisis keterlaksanaan pembelajaran Saintifik Approach pada materi ciri-ciri makhluk hidup dan menganalisis penguasaan konsep siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup menggunakan pembelajaran Saintifik Approach. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan desain one-shot case study. Data mengenai keterlaksanaan pembelajaran Saintifik Approach diperoleh melalui lembar observasi guru dan siswa, sedangkan data ketercapaian penguasaan konsep siswa diperoleh melalui tes soal pilihan ganda sebanyak tiga puluh soal. Hasil penelitian tersebut menunjukan aktivitas guru dan siswa selama menggunakan pembelajaran saintifik tercapai baik dengan rata-rata aktivitas guru sebesar 85,4% dengan kategori baik dan aktivitas siswa sebesar 78.45% dengan kategori sedang. Penguasaan konsep siswa tercapai dengan rata-rata nilai siswa 84 yang termasuk kategori baik. Dengan demikian pembelajaran Saintifik Approach dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk ketercapaian penguasaan konsep siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Konsep; Ciri-ciri Makhluk Hidup; Saintifik Approach;
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Rizqi Fauzi Ismatulah
Date Deposited: 21 May 2019 06:22
Last Modified: 21 May 2019 06:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20523

Actions (login required)

View Item View Item