Penerapan model pembelajaran cooperative-meaningful instruction design (c-mid) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

Farisa, Siti (2019) Penerapan model pembelajaran cooperative-meaningful instruction design (c-mid) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (613kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan di salah satu SMA Negeri di kota Bandung. Salah satu alternatif untuk membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative-Meaningful Instruction Design (C-MID). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara yang menggunakan model pembelajaran C-MID berdasarkan tingkat PAM (tinggi, sedang, rendah) siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas dan data yang diperoleh menggunakan instrumen tes berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan nontes berupa angket skala sikap. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara yang menggunakan model pembelajaran C-MID dengan model konvensional. (b) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara yang menggunakan model pembelajaran C-MID dengan model konvensional berdasarkan tingkat PAM (tinggi, sedang dan rendah). (c) Siswa menunjukkan sikap positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran C-MID. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran C-MID mengutamakan kebermaknaan belajar dan menggunakan pengalaman dan pengetahuan awal siswa sehingga mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: C-MID; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis;
Subjects: Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Siti Farisa Irna
Date Deposited: 08 Mar 2019 02:12
Last Modified: 08 Mar 2019 02:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19288

Actions (login required)

View Item View Item