Optimalisasi pemberdayaan sumber daya manusia dalam peningkatan penerimaan dan pendistribusian Zakat Di Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Jawa Barat

Suja, Deden Ibnu (2013) Optimalisasi pemberdayaan sumber daya manusia dalam peningkatan penerimaan dan pendistribusian Zakat Di Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Jawa Barat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)

Abstract

Zakat yang merupakan simbol dari fiscal policy dalam Islam merupakan sarana pertumbuhan ekonomi sekaligus mekanisme yang bersifat built in untuk tujuan pemerataan penghasilan dan kekayaan. Di samping ketentuan zakat yang berupa prosentase dari nisab dan bukan jumlah uang tertentu, juga menunjukkan betapa sistem ini tidak terpengaruh oleh laju inflasi karena secara otomatis dapat mengikuti fluktuasi inflasi. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk penelitian ini bertujuan untuk pertama, untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan Sumber daya manusia di lingkungan Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Jawa Barat. Kedua, Untuk mengetahui bagaimana usaha yang dilakukan Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Jawa Barat dalam mengoptimalkan tingkat penerimaan zakat. Ketiga untuk mengetahui bagaimana usaha yang dilakukan Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Jawa Barat dalam mengoptimalkan sistem distribusi zakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian ini menggunakan dua pendekatan metode pertama adalah metode deskriptif, yaitu suatu metode dalam penelitian status kelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran atau suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk membuat gambaran yang sistematis, akurat dan aktual mengenai fakta-fakta sifat-sifat serta hubungan mengenai fenomena yang diteliti melalui pendekatan empiris yang menyangkut optimalisasi pemberdayaan sumber daya manusia dalam peningkatan penerimaan dan pendistribusian zakat di Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Jawa Barat. Sumber data pokok dalam penelitian ini terdiri atas pertama sumber data primer data yang diperoleh dari hasil pengamatan langsung terhadap objek penelitian, baik melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Dan kedua Sumber data sekunder data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen perusahaan berupa catatan dan laporan perusahaan baik yang dipublikasikan maupun yang tidak dipublikasikan. Sumber data sekunder juga didapat dari hasil lieratur yang berkaitan dengan hukum dan manajemen sumber daya manusia. Adapun hasil dari penelitian ini tentang optimalisasi pemberdayaan sumber daya manusia dalam peningkatan penerimaan dan pendistribusian zakat di badan Amil Zakat Nasional Provinsi Jawa Barat dinilai belum optimal, karena implementasi akan perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing),memimpin pelaksanaan kegiatan (leading/actuating) dan pengawasan/mengendalikan (controlling) dalam pemberdayaan sumber daya manusia belum maksimal. Namun di harapkan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Barat kedepannya menjadikan sebuah lembaga penuh dengan Tenaga Amil (sumber daya manusia) yang baik, amanah, dan profesional tanpa mengenyampingkan kaidah-kadiah syari’ah Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi Pemberdayaan Sumber Daya Manusia; Peningkatan Penerimaan dan Pendistribusian Zakat
Subjects: Islam > Zakat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat Pendapatan, Zakat Profesi
General Management > Personnel Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 04 Mar 2019 04:43
Last Modified: 23 Jun 2022 01:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19216

Actions (login required)

View Item View Item