Analisis kemampuan berpikir konseptual dan prosedural siswa pada materi kesetimbangan kelarutan menggunakan tes tertulis uraian terstruktur: Penelitian deskriptif di kelas XI SMAN Tanjungsari Kec.Tanjungsari Kab.Sumedang

Resyatania, Ghina (2014) Analisis kemampuan berpikir konseptual dan prosedural siswa pada materi kesetimbangan kelarutan menggunakan tes tertulis uraian terstruktur: Penelitian deskriptif di kelas XI SMAN Tanjungsari Kec.Tanjungsari Kab.Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)

Abstract

Kemajuan dan perkembangan siswa dalam pembelajaran dapat diukur dengan menggunakan intrumen pembelajaran berupa soal tes uraian terstruktur yang mengacu pada kemampuan berpikir konseptual dan prosedural sesuai dengan karakteristik konsep kesetimbangan kelarutan yang kompleks. Pengunaan soal berbentuk tes uraian terstruktur menuntut siswa untuk memecahkan masalah baru yang dihubungkan dengan pengetahuan yang telah dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir konseptual dan prosedural siswa kelas XI di SMAN Tanjungsari pada materi kesetimbangan kelarutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi, teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian terstruktur dan angket, tes yang digunakan sebanyak 9 soal dan angket sebanyak 20 pertanyaan,subjek penelitian sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian : Kemampuan berpikir konseptual siswa pada kelompok prestasi tinggi, sedang, dan rendah masing-masing memperoleh nilai rata-rata 80,5, 66,25 dan 45,5 dengan kategori masing-masing sangat baik, baik dan cukup baik, kemampuan berpikir prosedural siswa pada kelompok prestasi tinggi, sedang dan rendah masing-masing memperoleh nilai rata-rata 66, 66,4 dan 57,8 dengan kategori masing-masing baik, baik dan cukup baik, dan faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir konseptual dan prosedural siswa pada materi kesetimbangan kelarutan : Kesukaan siswa terhadap pelajaran kimia dan konsep kesetimbangan kimia, kesulitan siswa dalam mempelajari konsep kesetimbangan kelarutan, kesulitan siswa dalam memahami soal berbentuk tes tertulis uraian terstruktur, cara belajar siswa dalam mempelajari konsep kesetimbangan kelarutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: tes uraian terstruktur; kemampuan berpikir konseptual; kemampuan berpikir prosedural; kesetimbangan kelarutan;
Subjects: Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry
Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 18 Jan 2019 06:45
Last Modified: 18 Jan 2019 06:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18126

Actions (login required)

View Item View Item