Hasil belajar siswa pada konsep sistem koloid menggunakan pendekatan socioscientific issues: metode penelitian kelas di kelas XII SMKN 1 Cihampelas

Faulin, Ahmad Rival (2013) Hasil belajar siswa pada konsep sistem koloid menggunakan pendekatan socioscientific issues: metode penelitian kelas di kelas XII SMKN 1 Cihampelas. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (960kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan beberapa hasil penelitian yang melaporkan bahwa siswa kurang mempelajari kimia yang dijumpai di luar kelas. Salah satu cara dalam mengaitkan ilmu kimia dengan kehidupan sehari-hari adalah dengan pembelajaran menggunakan pendekatan Socioscientific Issues (ssi) pada sistem koloid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran menggunakan pendekatan Socioscientific Issues pada konsep sistem koloid dan mengetahui bagaimana hasil pembelajarannya. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Cihampelas dengan subjek penelitian siswa kelas XII TPTU (Teknik Pendingin Tenaga Udara) sebanyak 32 siswa. Berdasarkan tujuan tersebut maka metode penelitian deskriptif yang dianggap dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi pembelajaran, LKS, tes uraian, kisi-ksi soal, pendoman observasi, dan format penilaian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat diperoleh kesimpulan aktivitas siswa berlangsung dengan sangat baik dengan persentase keterlaksanaan 97%. Sedangkan hasil belajarnya berpredikat baik dengan nilai rata-rata 77, siswa dapat dengan baik mengaitkan konsep sistem koloid kedalam konteks sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: konsep sistem koloid; socioscientific issues;
Subjects: Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry
Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 10 Jan 2019 06:50
Last Modified: 10 Jan 2019 06:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17950

Actions (login required)

View Item View Item