Penerapan model pembelajaran learning cycle tipe 5-E (Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate) untuk mengembangkan keterampilan generik sains pada konsep larutan penyangga: penelitian Kelas XI IPA di SMAN 28 Bandung

Zulkarnaen, Cep Budi (2014) Penerapan model pembelajaran learning cycle tipe 5-E (Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate) untuk mengembangkan keterampilan generik sains pada konsep larutan penyangga: penelitian Kelas XI IPA di SMAN 28 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan aktifitas siswa menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5-E pada konsep larutan penyangga, menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan LKS pada setiap tahap model pembelajaran Learning Cycle 5-E pada konsep larutan penyangga dan menganalisis keterampilan generik sains siswa pada setiap tahap setelah pembelajaran Learning Cycle 5-E pada konsep larutan penyangga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kelas dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPA SMAN 26 Bandung, Kota Bandung sebanyak 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskripsi pembelajaran, lembar observasi guru dan siswa, lembar kerja siswa dan tes keterampilan generik sains siswa. Analisis data menunjukkan bahwa aktifitas siswa ketika menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5-E dikatakan baik, karena hampir semua siswa berperan aktif dalam pembelajaran. Tetapi, keaktifan siswa sempat menurun yaitu ketika tahap Explain. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan LKS pada setiap tahap model pembelajaran Learning Cycle 5-E pada konsep larutan penyangga dapat dikatakan baik. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata lembar kerja siswa pada tiap tahapan yaitu tahap Engage (98) dengan kategori sangat baik, tahap Explore (77) dengan kategori baik, tahap Explain (76) dengan kategori baik, tahap Elaborate (77) dengan kategori baik, tahap Evaluate (95) dengan kategori sangat baik. Keterampilan generik sains pada akhir pembelajaran mendapatkan nilai rata-rata 75 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan generik sains; Siklus 5E; Larutan Penyangga;
Subjects: Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry
Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 03 Jan 2019 03:23
Last Modified: 03 Jan 2019 03:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17794

Actions (login required)

View Item View Item