Penerapan blended learning berbasis modular object- oriented dynamic learning untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa: penelitian quasi eksperimen di Sekolah SMP Laboratorium UPI Kampus Cibiru

Laelatulatifah, Alin (2017) Penerapan blended learning berbasis modular object- oriented dynamic learning untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa: penelitian quasi eksperimen di Sekolah SMP Laboratorium UPI Kampus Cibiru. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI ASLI.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)

Abstract

Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang perlu ditingkatkan, salah satu cara meningkatkan hal ini melalui pembelajaran berbasis IT. Oleh karena itu, diperlukan suatu penelitian yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Strategi pembelajaran blended learning berbasis moodle adalah salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) aktifitas guru dan siswa dalam strategi pembelajaran blended learning berbasis moodle; (b) perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa; (c) perbedaan pencapaian kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika (PAM); (d) sikap siswa terhadap pembelajaran blended learning berbasis moodle. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan quasi eksperimental design bentuk nonequivalen control group design terdapat dua kelas yaitu, kelas eksperimen menggunakan pembelajaran blended learning berbasis moodle dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) aktivitas guru dan siswa termasuk kategori baik; (b) hasil analisis nilai gain ternormalisasi menggunakan uji t Independent tidak terdapat perbedaan peningkatan representasi matematis siswa antara yang menggunakan pembelajaran blended learning berbasis moodle dan pembelajaran konvensional secara keseluruhan dalam peningkatan kemampuan representasi matematis siswa; (c) hasil analisis nilai posttes menggunakan uji ANOVA dua jalur terdapat perbedaan pencapaian representasi matematis siswa antara yang menggunakan pembelajaran blended learning berbasis moodle dan pembelajaran konvensional secara keseluruhan dan tidak terdapat interaksi antara kategori PAM siswa dengan pembelajaran dalam pencapaian kemampuan representasi matematis siswa; (d) sikap siswa terhadap pembelajaran blended learning berbasis moodle sseluruhnya memberikan respon yang positif. jadi, pembelajaran blended learning berbasis Modular Object- Oriented Dynamic Learning sangat disenangi oleh siswa dengan pembelajarannya yang semakin modern dalam meningkatkan representasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Representasi Matematis; Blended Learning; Moodle;
Subjects: Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 31 Dec 2018 04:40
Last Modified: 31 Dec 2018 04:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17715

Actions (login required)

View Item View Item