Respon followers terhadap siaran dakwah dalam program "nuansa pagi" radio streaming Ardan 105,9 fm Bandung: studi deskriptif pada followers aku instagram @ardanradio

Rahmaningsih, Prila (2018) Respon followers terhadap siaran dakwah dalam program "nuansa pagi" radio streaming Ardan 105,9 fm Bandung: studi deskriptif pada followers aku instagram @ardanradio. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (675kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy

Abstract

Islam adalah agama dakwah, agama yang menugaskan umatnya untuk menyebarkan dan menyiarkan Islam kepada seluruh umat manusia sebagai Rahmatan li-al’lamin.Radio merupakan salah satu media komunikasi yang sangat efektif dalam menyampaikan berbagai informasi dan dapat juga digunakan sebagai media dalam mengembangkan dakwah. Dengan diggunakan radio streaming berarti siaran dakwah meluas dan menjangkau pendengar yang berada diluar jangkauan siaran. Diantara radio yang digunakan untuk menyampaikan dakwah Islam adalah radio ARDAN FM 105,9 FM Bandung. Merupakan sebuah stasiun penyiaran yang berada di Jl. Cipaganti 159 Bandung, mengudara di 105,9 FM. Radio ARDAN menyediankan waktu-waktu tertentu dalam menyiarkan dakwah Islam, diantaranya adalah siaran dakwah yang disampaikan oleh Kang Eko dan Kang Ibnu dalam program acara Nuansa Pagi.Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana respon followers instagram @ardanradio terhadap siaran dakwah program Nuansa Pagi radio ARDAN Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori SOR Stimulu-Organism-Response, Tori ini beranggapan bahwa media massa memiliki efek langung yang dapat mempengaruhi individu sebagai audience (penonton atau pendengar). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan penyebaran questioner atau angket. Kemudian menganalisis data berdasarkan hasil jawaban responden melalui angket tersebut dengan mendeskripsikan data yang ada ke dalam bentuk tulisan atau kata-kata verbal yang mudah difahami. Metode penarikan sample yang digunakan adalah purposive randomsampling yaitu memilih orang-orang yang dianggap mewakili populasi. Dalam hal ini hanya terutuju pada orang-orang yang mendengarkan program Nuansa Pagi radio ARDAN 105,9 FM Bandung. Dari hasil penelitian ini, perhatian followers terhadap siaran dakwah program Nuansa Pagi mendapatkan respon yang baik dari followers instagram @ardanradio dengan demikian followers selalu mendengarkan siaran keagamaan siraman rohani di program Nuansa Pagi. Penerimaan followers terhadap program Nuansa Pagi, setelah mendengarkan keagamaan siraman rohani mengamalkan dan mempraktikan dalam kehidupan sehari-hari mendapatkan respon yang baik dari followers instagram @ardanradio. Dan mereka merespon positif baik terhadap materi yang disampaikan dan metode yang digunakaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Respon; Radio;
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Communications Telemunications > Radio Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Prila Rahmaningsih
Date Deposited: 03 Jan 2019 07:10
Last Modified: 03 Jan 2019 07:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17701

Actions (login required)

View Item View Item