Penggunaan media pembelajaran TIK untuk meningkatkan akhlak dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI di Kelas XI SMA Negeri 2 Singaparna

Sulastri, Sulastri (2018) Penggunaan media pembelajaran TIK untuk meningkatkan akhlak dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI di Kelas XI SMA Negeri 2 Singaparna. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy

Abstract

SMA Negeri 2 Singaparna termasuk salah satu sekolah yang fasilitas pembelajarannya sedang berkembang. Guru di sekolah tersebut selalu melaksanakan program IHT setiap tahunnya, membaca asma al-husna setiap hari sebelum jam pertama dimulai, selalu mengadakan pembiasaan membaca QS. Yasin dan ceramah setiap hari Jum’at, selain itu fasilitas TIK sudah ada termasuk fasilitas wifi juga tersedia. Seharusnya kondisi tersebut menghasilkan pembelajaran yang efektif sehingga berdampak pada hasil belajar kognitif siswa dan akhlak siswa menjadi baik sesuai dengan idealnya. Tetapi pada kenyataannya, justru banyak siswa yang kurang disiplin dalam belajar, seperti tidak masuk kelas ketika pembelajaran, selalu memainkan gadget saat belajar, tidur di dalam kelas, dan tidak semangat ketika belajar. Permasalahan tersebut membuat guru harus berpikir bagaimana caranya untuk menarik perhatian siswa dengan kebiasaan yang mereka senangi, maka media pembelajaran TIK dibuat dan dirancang sebagai usaha untuk menginovasi pembelajaran melalui media pembelajaran TIK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pertama, penggunaan media pembelajaran TIK pada mata pelajaran PAI. Kedua, penggunaan media pembelajaranTIK pada mata pelajaran PAI. Ketiga, peningkatan hasil belajar kognitif siswa di kelas kontrol dan kelas eksperimen pada mata pelajaran PAI. Secara akademis, dapat dijadikan sumber data bagi para pembaca khususnya guru PAI yang sedang melaksanakan kurikulum 2013 pada pembelajarannya, sedangkan secara praktis, Memberikan gambaran kepada guru PAI, tentang bagaimana cara mengimplementasikan media pembelajaran pada mata pelajaran PAI untuk mengembangkan kreatifitasnya dalam mengajar. Penelitian ini berlandaskan pada kajian fungsi penggunaan media pembelajaran TIK dalam pembelajaran menurut Levie dan Lentz, yaitu fungsi atensi, fungsi afektif, fungsi kognitif, dan fungsi kompensatoris. Dan teori manfaat penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar yang dikembangkan oleh Kemp dan Dayton. Adapun metode penelitian ini adalah Quasi Eksperimen, dengan jenis penelitian kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan soal untuk uji kognitif hasil belajar siswa dan angket untuk pengukuran akhlak. Dan prosedur analisis datanya menggunakan analisis data statistika. Hasil penelitian ini didapatkan tiga simpulan utama, yaitu : Pertama, penggunaan media pembelajaran TIK pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMAN 2 Singaparna menggunakan berbagai peralatan dan perlengkapan berbasis TIK seperti, laptop, infokus, audio speaker, kamera DSLR, internet, video edittor, dan sebagai produk yang digunakan atau ditayangkannya adalah pembuatan video pembelajaran, video pembelajaran untuk dianalisis (audio-visual), dan gambar juga untuk dianalisis. Kedua, terjadi peningkatan akhlak sebesar 20,5 % setelah perlakuan. Ketiga, terjadi peningkatan hasil belajar kognitif sebesar 25,6 % setelah perlakuan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran TIK dapat meningkatkan akhlak dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMAN 2 Singaparna.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran TIK; PAI; Meningkatkan Akhlak
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sulastri sulastri
Date Deposited: 19 Dec 2018 03:21
Last Modified: 13 Jan 2022 04:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17567

Actions (login required)

View Item View Item