Kualitas pelayanan pada Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung

Fitrina, Aidila (2018) Kualitas pelayanan pada Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA Salah bentuk pelayanan aparatur pemerintah di bidang jasa yaitu dengan adanya Dinas Pemadam Kebakaran di setiap Kabupaten/Kota. Maka dari itu untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal Dinas Pemadam Kebakaran harus memenuhi beberapa aspek yaitu kemudahan, kecepatan, ketepatan dan keamanan. Tapi faktanya keempat aspek ini masih belum optimal dijalankan oleh Dinas Pemadam Kebakaran di wilayah Indonesia. Hal ini terbukti dari tingginya angka kerugian yang ditimbulkan pasca kejadian kebakaran di kota-kota besar yang ada di wilayah Indonesia. Seperti yang terjadi di daerah Kota Bandung selama 3(tiga) tahun terakhir jumlah angka kebakaran semakin meningkat setiap tahunnya, dan tentunya kerugian pasca kebakaran juga semakin besar. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan pada Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik pengolahan datanya yaitu dengan menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian kualitas pelayanan pada Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung diukur melalui 4 (empat) aspek yaitu aspek kemudahan, aspek kecepatan, aspek ketepatan, dan aspek keamanan cendrung belum berjalan dengan optimal. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya jumlah objek yang tidak dapat terselamatkan pada saat kejadian kebakaran. Seperti bangunan Perumahan, bangunan Umum, Kios, Shoping Center dan lain sebagainya. Ketidak optimalan aspek tersebut terjadi akibat (1) Kurangnya unit armada yang memenuhi standar idealnya Kota Bandung, (2) Kurangnya sosialisasi dari Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung terhadap masyarakat mengenai APAR di rumah dan alat-alat pemadam kebakaran yang sesuai dengan standar yang ada untuk digunakan di gedung-gedung, (3) Petugas Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung kurang melakukan pengecekan terhadap alat-alat pemadaman yang telah dipasang di sekitar area masyarakat, (4) Kurangnya tenaga professional yang masih berusia muda di Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung. ENGLISH One of the forms of service ingovernment apparatus is Fire Department service. To provide maximum services to the society, the Fire Department must fulfill several aspects such as ease, speed, accuracy and security. In the fact, in Indonesia these four aspects are still not optimal run by the Fire Department. This is evident from the high number of losses incurred in the aftermath of fires in most of the city in Indonesia. As happened in the city of Bandung for the last three years, a lot of fires cases have increased in every year and make the post-fire losses are getting bigger. Therefore this study aims to find out how the service quality of Fire Prevention and Management Service at Bandung city. In this study, researcher is used qualitative research method with descriptive analysis. Data collection techniques are carried out by observation, interview, and documentation studies. Data processing techniques are by using source triangulation. Based on the results of the research in service quality at the Bandung City Fire Prevention and Management Service that is measured through four aspects, such as the ease of aspect, speed aspect, accuracy aspect, and the security aspect is not run optimally. This can be seen from there are many objects that cannot be saved during a fire condition. Such as residential buildings, public buildings, kiosks, shopping centers and so on. This not optimal case is caused by (1) Lack of fleet units that fulfill the ideal standards in the city of Bandung, (2) Lack of socialization from the Bandung City Fire Prevention and Management Service towards the society in regarding the fire extinguishers in the house and fire extinguishers that suitableto standard that use in buildings, (3) Bandung City Fire Prevention and Management Officers do a little check out of the blackouts that have been installed around the community area, (4) Lack of young professionals in the Fire Prevention and Management Service in Bandung city.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas; Pelayanan; Pemerintah;
Subjects: Public Administration
Public Administration > Public Administration in Specific Localities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: aidila fitrina
Date Deposited: 14 Dec 2018 07:17
Last Modified: 14 Dec 2018 07:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17456

Actions (login required)

View Item View Item