Pengembangan media pembelajaran kendatemois pada materi kesetimbangan benda tegar dan momen inersia: Penelitian pengembangan di MA YPP Sukamiskin Bandung

Violita, Shifa Syafira (2018) Pengembangan media pembelajaran kendatemois pada materi kesetimbangan benda tegar dan momen inersia: Penelitian pengembangan di MA YPP Sukamiskin Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (532kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (982kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy

Abstract

Ketersediaan fasilitas dan sumber belajar merupakan salah satu kunci sukses penerapan kurikulum 2013. Guru harus mampu membuat sendiri media pembelajaran agar dapat digunakan sebagai sumber belajar konkret di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah RnD dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Produk penelitian ini yaitu alat peraga kesetimbangan benda tegar dan momen inersia (Kendatemois). Data hasil penelitian diperoleh dari : 1. Analisis studi pendahuluan di MA YPP Sukamiskin yaitu tidak terdapat laboratorium IPA sehingga peserta didik belum pernah melakukan praktikum; 2. Studi literatur diperoleh dari penelitian pengembangan Zulirfan; 3. Analisis uji laboratorium menyatakan bahwa alat peraga Kendatemois telah layak dan berhasil membuktikan konsep dengan rata-rata kesalahan relatif tidak melebihi error 100% meskipun tidak mendekati nol; 4. Analisis uji validasi dari dua validator dengan rata-rata skor 86,30% dan 81,56% menyatakan kelayakan dengan kriteria layak tanpa revisi; 5. Uji skala kecil dengan jumlah sampel 20 peserta didik didapatkan nilai rata-rata LKPD sebesar 85 pada percobaan kesetimbangan benda tegar dan 77,25 pada percobaan momen inersia; dan 6. Angket respon peserta didik didapatkan rata-rata sebesar 90,7 dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian, Kendatemois layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran pada konsep kesetimbangan benda tegar dan momen inersia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga; Kendatemois; Kesetimbangan Benda Tegar; Momen Inersia; Research and Development (R&D);
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Shifa Syafira Violita
Date Deposited: 28 Feb 2019 07:29
Last Modified: 15 Apr 2019 03:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16932

Actions (login required)

View Item View Item