Penerapan CTL (Contextual Teaching and Learning ) untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Kimia pada Konsep Koloid (Penelitian Kelas terhadap Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Cimaragas Kabupaten Ciamis)

Ratna Farida Hamid, Ratna (1210208073) (2014) Penerapan CTL (Contextual Teaching and Learning ) untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Kimia pada Konsep Koloid (Penelitian Kelas terhadap Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Cimaragas Kabupaten Ciamis). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text (BAB I - IV)
4_bab1sd4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)

Abstract

Pada pembelajaran di sekolah masih banyak guru menyajikan pembelajaran kimia tanpa menggunakan pendekatan dan strategi pembelajaran. Oleh karena itu, melalui pembelajaran CTL diharapkan dapat melibatkan siswa untuk aktif dalam memperoleh pengetahuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan literasi kimia siswa pada konsep koloid melalui pembelajaran CTL. Melalui metode penelitian kelas, model pembelajaran diimplementasikan terhadap 24 orang siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Cimaragas Kabupaten Ciamis. Instrumen penelitian yang digunakan adalah deskripsi pembelajaran, lembar observasi, LKS dan tes evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi terhadap aktivitas guru dan siswa, pengisisan LKS, dan tes evaluasi yang mengukur 4 indikator kemampuan literasi kimia. Hasil penelitian pada tahap konstruktivisme menunjukkan sebagian besar siswa mampu menganalisis wacana dan pada tahap reflect siswa mampu menyimpulkan penerapan koloid dalam kehidupan sehari-hari. Dari data tes, setiap indikator literasi kimia memperoleh nilai rata-rata mencapai 85, indikator literasi kimia tertinggi pada indikator konteks dengan perolehan nilai rata-rata 93, adapun indikator literasi kimia terendah pada indikator proses dengan perolehan nilai rata-rata 73. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa dapat menggunakan kemampuan literasi kimianya tetapi belum sepenuhnya dapat mengembangkan pemahamannya pada konsep koloid. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan model pembelajaran CTL diimplementasikan pada konsep lain yang memiliki karakteristik melibatkan pembelajaran bersifat konstektual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model CTL, Kemampuan Literasi Kimia, Konsep Kolo
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Chemistry and Allied Science > Chemists
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 25 May 2016 04:06
Last Modified: 25 May 2016 05:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1678

Actions (login required)

View Item View Item