Manajemen rekrutmen peserta didik di Madrasah Tsana-wiyah Ar-Rosyidiyah Kota Bandung

Mahesa, Dedi (2015) Manajemen rekrutmen peserta didik di Madrasah Tsana-wiyah Ar-Rosyidiyah Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.COVER SKRIPSI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRACT.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4.BAB I.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text (BAB III)
6.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB)
[img] Text (BAB IV)
7.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang bahwa pendidikan mempunyai tugas membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Situasi dan kondisi faktual di lingkungan Madrasah Tsanawiyah Ar-Rosyidiyah kota Bandung, dalam rekrutmen peserta didik yang terlihat dalam suatu masalah rekrutmennya, menerapkan sistem kuota, namun tidak melihat dari prestasi akademiknya, dan mengedepankan sistem kekeluargaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar alamiah, proses pelaksanaan pengelolaan manajemen rekrutmen peserta didik, faktor penunjang dan penghambat, cara mengatasi hambatan manajemen rekrutmen peserta didik, serta hasil yang diperoleh dari pelaksanaan manajemen rekrutmen peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Ar-Rosyidiyah. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa menurut PP No 4 Tahun 2011 di sebutkan bahwa penerimaan peserta didik baru, baik peserta didik baru maupun pindahan harus memenuhi ketentuan umum yang diatur di dalam Peraturan Bersama Menteri. Rekrutmen peserta didik di madrasah akan lebih efektif apabila menjalankan fungsi-fungsi manajemen diantaranya perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan dengan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi atau teknik menyalin. Untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penelitian dilakukan dengan cara unitasi data, kategorisasi data, dan penafsiran data. Dari hasil penelitian yang di lakukan maka diperoleh bahwa proses rekrutmen yang dilaksanakan di MTs Ar-Rosyidiyah menggunakan sistem menjemput dan menunggu bola. Artinya bahwa pihak panitia yang terdiri dari para tenaga pendidik maupun kependidikan beserta pihak OSIS bekerjasama dalam mencari calon peserta didik baru, dari tahun ke tahun dalam proses perekrutan calon peserta didik baru mengalami kenaikan. Dari tahun 2011/2012 yang mendaftar 95 hanya mencapai 2 kelas, tahun 2013/2014 yang mendaftar 108 peserta didik, hanya mencapai 3 kelas, dan tahun 2015/2016 yang mendaftar 200 peserta didik sampai mencapai 4 kelas. Setiap calon peserta didik yang sudah diterima ialah yang sudah terveripikasi, dan memiliki nilai rata-rata izajah 7,00. Penerimaan calon peserta didik disesuaikan dengan kuota kelas yang tersedia, Faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen rekrutmen peserta didik yaitu: Madrasah Ar-Rosyidiyah harus bersaing dengan lembaga pendidikan lain disekitar Madrasah Ar-Rosidiyah. Sedangkan faktor penunjang rekrutmen peserta didik Madrasah Ar-Rosidiyah yaitu madrasah memiliki basis keislaman yang unggul dibandingkan sekolah lain disekitar madrasah, serta semua elemen yang berada di Madrasah memiliki rasa tanggung jawab yang baik dalam proses rekrutmen peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Managemen; Rekrutmen; Madrasah;
Subjects: Education
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 17 Nov 2018 03:02
Last Modified: 17 Nov 2018 03:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16662

Actions (login required)

View Item View Item