Respon mahasiswa jurnalistik terhadap pemberitaan korean pop di Detik.com: respon mahasiswa jurnalistik UIN Bandung Angkatan 2009 Dan 2010

Purnama Amminnurdin, Rizki (2014) Respon mahasiswa jurnalistik terhadap pemberitaan korean pop di Detik.com: respon mahasiswa jurnalistik UIN Bandung Angkatan 2009 Dan 2010. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1 HAL 1.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2 hal 1 OK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)

Abstract

Penggunaan media massa pada era kini sudah mulai difungsikan oleh setiap kalangan dan golongan manapun. Dengan menggunakan sumber daya manusia yang berkualitas, maka penggunaan media massa akan bisa lebih difungsikan. Detik.com adalah salah satu media elektronik besar yang bertujuan untuk menginformasikan berita – berita terbaru secara online. Masyarakat bebas mengakses berita apapun, kapanpun dan dimanapun sesuai dengan keinginannya. Pemberitaan yang sedang “ HOT ” belakangan ini adalah pemberitaan mengenai Korean Pop. DetikHot adalah nama kolom yang berada pada Detik.com, kolom tersebut merupakan sebuah folder pemberitaan mengenai seni, gossip bahkan prestasi yang dihasilkan oleh artis – artis ternama dunia. Yang menjadi pokok permasalahan adalah di dalam kolom tersebut memang terdapat berbagai macam pemberitaan hiburan dunia yang terbaru, namun ada kolom khusus bernama “ KPOP ” yaitu pemberitaan media elektronik yang hanya menyuguhkan berita – berita di negara ginseng tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana minat mahasiswa jurnalistik UIN Bandung terhadap pemberitaan Korean Pop di Detik.com, untuk mengetahui sejauh mana sikap mahasiswa jurnalistik UIN Bandung terhadap pemberitaan Korean Pop di Detik.com, serta untuk mengetahui sejauh mana perilaku mahasiswa jurnalistik UIN Bandung terhadap pemberitaan Korean Pop di Detik.com. Penelitian yang berfokus pada respon mahasiswa jurnalistik terhadap pemberitaan Korean Pop menggunakan teori S-O-R, teori ini menitik beratkan pada bentuk respon seperti perhatian, pemahaman, dan penerimaan yang dibagi menjadi tiga bagian oleh peneliti yaitu minat, sikap dan perilaku. Metode pengolahan atau analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung ( UIN Bandung ) pada mahasiswa jurnalistik angkatan 2009 dan 2010. Sumber data didapatkan dari hasil penelitian di lokasi kepada mahasiswa, dari studi pustaka serta sumber - sumber on-line. Sumber data utama yang dihasilkan adalah data respon mahasiswa jurnalistik angkatan 2009 dan 2010 yang diperoleh dari hasil penyebaran kuisioner sebanyak 12 pertanyaan kepada 15 orang responden. Sumber berikutnya dari blog Detik.com, buku - buku, skripsi sebelumnya, artikel ataupun sumber lainnya dari internet yang berhubungan dengan penelitian. Setelah data terkumpul sebagai langkah akhir akan dilakukan proses analisis data yang dilengkapi dengan Skala Likert. Respon mahasiswa jurnalistik menunjukan bahwa mereka merespon dengan baik mengenai pemberitaan – pemberitaan tersebut. Terbukti pada dimensi minat sebanyak 68, 89% responden berminat dan setuju untuk melihat pemberitaan di situs online tersebut. Dari dimensi sikap 67,11% responden cukup setuju dengan adanya kolom Korean Pop saja pada berita online Detik.com karena pemberitan tersebut sangat mendidik. Dan dimensi variabel ( X ) yang terakhir adalah perilaku sebanyak 68,44% responden menyatakan setuju apabila mahasiswa terus menerus melihat dan membaca pemberitaan tersebut secara berulang – ulang akan mengakibatkan perubahan bagi setiap penggunanya. Namun pemberitaan tersebut juga mampu menghibur mahasiswa ketika membacanya. Dan dari indakator isi pesan yang berada pada variabel ( Y ) menyatakan setuju dengan persentase 76,89%. Karena para responden yakin dengan adanya pemberitaan pada situs online Detik.com tersebut merupakan pemberitaan yang berbobot dan sangat penting untuk diketahui mahasiswa. Artinya respon dari objek atau responden menyatakan bahwa pmberitaan Korean Pop baik untuk mereka ketahui karena pemberitaan tersebut mendapatkan respon positif dari mahasiswa jurnalistik UIN Bandung angkatan 2009 dan 2010.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Korean; Pop; Jurnalistik; Detik.com;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 12 Nov 2018 18:03
Last Modified: 12 Nov 2018 18:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16554

Actions (login required)

View Item View Item