Penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan

Zulfah, Ayu (2018) Penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah ditandai dengan pencapaian nilai siswa pada mata pelajaran IPA masih banyak dibawah rata-rata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan dan keterlaksanaan model discovery learning serta menganalisis hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model discovery learning pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian terdiri dari satu kelas, yaitu kelas Eksperimen dengan jumlah 54 siswa (kelas VII A dan VII B) SMP Al-Islam Cilengkrang Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan studi dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi, dan tes hasil belajar berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan penerapan model discover learning sangat layak digunakan (94,18%) dan keterlaksanaan penerapan model discovery learning terlaksana dengan sangat baik (90,95%). Hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model discovery learning memperoleh persentase ketuntasan KKM > 55%. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan pada eksperimen 1 menunjukan nilai thitung (10,84) > ttabel (2,05) dan pada eksperimen 2 nilai thitung (4,88) > ttabel (2,04), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat membantu hasil belajar peserta didik secara signifikan pada materi pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning; Perencanaan; Pelaksanaan; Hasil Belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email ayuzulfah45@gmail.com
Date Deposited: 18 Oct 2018 01:53
Last Modified: 18 Oct 2018 01:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15800

Actions (login required)

View Item View Item