Pengaruh model pembelajaran sinektik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan

Ambari, Irgi (2018) Pengaruh model pembelajaran sinektik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa terhadap materi pencemaran lingkungan. Untuk mengatasi masalah yang terjadi, diperlukan model yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa, yaitu menggunakan model sinektik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, menganalisis pengaruh model sinektik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen, bentuk desain menggunakan Pretest-Postes Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII C sebagai eksperimen dan kelas VII D sebagai kontrol di SMP Karya Budi Cileunyi Bandung. Instrumen yang digunakan yaitu wawancara, lembar observasi, tes kemampuan berpikir kritis dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 29,09, posttest yaitu 73,18 dan nilai N-Gain 0,62 dengan kategori sedang. Sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata pretest 29,03, posttest 78,29 dan nila N-Gain yaitu 0,69 dengan kategori sedang. Hasil uji t menunjukan bahwa thitung 2,56 ≥ ttabel 2,00, dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, artinya model sinektik berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sinektik;berpikir kritis;pencemaran lingkungan
Subjects: Biology > Biologist
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Irgi Ambari
Date Deposited: 11 Oct 2018 04:30
Last Modified: 11 Oct 2018 04:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15426

Actions (login required)

View Item View Item