Strategi penyiaran dalam penerapan Citizen Journalism (studi deskriftip pada program berita Kalawata di TVRI Jawa Barat periode bulan Mei-Juni 2018)

Kurniati, Dede Risna (2018) Strategi penyiaran dalam penerapan Citizen Journalism (studi deskriftip pada program berita Kalawata di TVRI Jawa Barat periode bulan Mei-Juni 2018). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy

Abstract

Program berita kalawarta di TVRI Jawa Barat merupakan program yang melestarikan budaya, kesenian dan bahasa sunda menyiarkan berita seputar kejadian yang ada di Jawa Barat yang dikemas dengan mengunakan bahasa sunda. Dalam program kalawarta ada segmen citizen journalism yang disebut segmen “rincik-rincak”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi penyiaran TVRI Jawa Barat dalam penerapan citizen journalism yang dilakukan oleh TVRI Jawa Barat (1) perencanaan penerapan citizen journalism (2) tekhnik yang dipakai dalam mempromosikan program acara (3) kriteria berita yang layak untuk dibacakan (4) penerapan citizen journalism. Metode yang dipakai dalam penelitian ini mengunakan studi deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, studi pustaka dan informasi dari narasumber. Teori yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan teori agenda setting oleh McCombs dan DL Shaw dijelaskan bahwa jika sebuah media memberi tekanan pada sebuah peristiwa maka media tersebut akan mempengaruhi khalayak bahwa berita tersebut penting. Asumsi dasarnya dikatakan apa yang dianggap penting oleh media harus dianggap penting juga oleh masyarakat. Hasil penelitian adalah (1) perencanaan penerapan citizen journalism melalui beberapa diskusi oleh bidang manager umum, manager keuangan dan kepala bagian program acara setelah itu melakukan proses pembuatan program acara yang sesuai dengan standar operation producedure (SPO). (2) Teknik yang dipakai dalam menarik minat masyarakat untuk mengirim berita adalah dengan melakukan pendekatan secara langsung baik ke masyarakat, kampus-kampus, komunitas dan melalui media sosial. (3) Kriteria berita yang dibacakan adalah sesuai dengan konsep, mengenai seni, budaya dan bahasa sunda, bahasa yang sopan dan seputar peristiwa di Jawa Barat. (4) Penerapan citizen journalism dengan mengajak masyarakat untuk ikut serta deprogram berita kalawarta dan segmen “rincik-rincak” sebagai wadah untuk menampung apresiasi masyarakat. Kata Kunci : Strategi penyiaran, program berita kalawarta , citizen journalism

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi penyiaran;Citizen Journalism, Kalawarta
Subjects: Journalism and Newspapers in Other Geographics Area
Communications Telemunications > Television Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Dede Risna Kurniati
Date Deposited: 08 Oct 2018 04:12
Last Modified: 08 Oct 2018 04:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14553

Actions (login required)

View Item View Item