Penerapan model pembelajaran somatic, auditory, visualization, intellectualy terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan: penelitian pada siswa kelas VII SMP laboratorium percontohan UPI Kampus Cibiru

Larasati, Anis (2018) Penerapan model pembelajaran somatic, auditory, visualization, intellectualy terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan: penelitian pada siswa kelas VII SMP laboratorium percontohan UPI Kampus Cibiru. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan pencapaian kompetensi suatu mata pelajaran dalam kegiatan belajar mengajar salah satunya tergantung pada kemampuan seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran, serta inovasi dalam penggunaan model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran SAVI. Model Pembelajaran SAVI memiliki empat unsur yang berkaitan dengan panca indra yaitu Somatic, Auditory, Visuallization, Intellectualy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran, peningkatan keterampilan berpikir kritis serta respon siswa terhadap pembelajaran dengan menerapkan model SAVI pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian one group times series design dengan pembelajaran mengggunakan dan tanpa menggunakan model pembelajaran SAVI. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapkan model pembelajaran SAVI pada lembar observasi guru 98% dan lembar observasi siswa 97% terlaksana dengan kategori sangat baik. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dengan nilai N-Gain 0,44 dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol nilai N-Gain 0,19 dengan kategori rendah. Respon siswa pada pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran SAVI pada materi pencemaran lingkungan diperoleh 82% dengan kategori sangat baik. Hasil uji t menunjukkan thitung 2,12 > ttabel 2,00 bahwa model pembelajaran SAVI berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran SAVI; Berpikir Kritis; Pencemaran Lingkungan
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Anis Larasati
Date Deposited: 16 Oct 2018 06:03
Last Modified: 16 Oct 2018 07:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14464

Actions (login required)

View Item View Item