Pola Tabligh Melalui Televisi : Studi Kasus Pada Acara Khazanah Islam Trans7

Maulianingsih, Lia (2017) Pola Tabligh Melalui Televisi : Studi Kasus Pada Acara Khazanah Islam Trans7. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy

Abstract

Tabligh merupakan anak cabang dari kegiatan dakwah, yang merupakan bagian dari tugas suci umat Islam. Pertumbuhan aktivitas tabligh pada masa kini berkembang begitu pesat. Hal tersebut yang membuat proses penyampaian tabligh mengalami konvergensi perubahan yang signifikan. Televisi sebagai media audiovisual menjadi salah satu media yang diutamakan dalam meningkatkan produktifitas kerja sebagai medium baru dalam melakukan aktifitas tabligh. Banyak media televisi yang pada akhirnya membuat sebuah program keagamaan, dan ikut andil dalam penyebaran tabligh Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola tabligh melalui televisi, khususnya dalam proses penyajian dan pengemasan materi tabligh yang digunakan dalam memberikan informasi serta pengetahuan kepada publik secara umum. Penelitian ini mengarah kepada satu pemahaman bahwa media memiliki kewajiban terhadap masyarakat untuk menyajikan suatu informasi yang berkualitas. Seiring berkembangnya sarana dan prasarana informasi, media semakin dewasa dalam penyampaian informasi kepada khalayak. Media memiliki efek dan pengaruh yang signifikan dalam kehidupan masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini menjadi kesempatan untuk semua media dalam menyampaikan pesan kegamaan, salah satunya program acara Khazanah Islam Trans7. Dengan mengandalkan keunggulan audio-visual pada media televisi, Khazanah Islam mencoba menyampaikan informasi dan pesan keagamaan dengan cara berbeda yang mengacu pada teori difusi inovasi, tujuannya adalah untuk menarik perhatian masyarakat terhadap kegiatan tabligh yang saat ini mulai ditinggalkan, dengan memberikan informasi secara monolog namun membahas tema yang nge¬-pop dikalangan masyarakat.. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif-deskriptif dan metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Hal ini berdasarkan tujuan penelitian yang ingin menggambarkan cara penyampaian dan pengemasan pesan tabligh melalui media televisi dalam bentuk uraian-uraian kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Khazanah Islam menyampaikan pesan tabligh berdasarkan dengan pola tabligh tersendiri. Pola tabligh ini meliputi proses penyajian materi, peroses pengemasan materi, serta metode yang digunakan. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa pola tabligh melalui televisi memiliki pola yang sistematis dalam memberikan informasi, guna merubah pola pikir dan perilaku masyarakat agar menjadi pribadi yang lebih baik dengan dilandasi oleh ketauhidan kepada Tuhan-Nya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tabligh; Televisi; Studi Kasus; Difusi-Inovasi
Subjects: Communications Telemunications
Communications Telemunications > Television Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Lia Maulianingsih
Date Deposited: 01 Aug 2018 04:51
Last Modified: 01 Aug 2018 04:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12086

Actions (login required)

View Item View Item