Lama mengajar guru fisika berdasarkan pedagigical content knowledge(PCK)dengan menggunakan model shulman pada pembelajaran karakteristik gelombang

Ramadhani, Neng Ayu Esty (2018) Lama mengajar guru fisika berdasarkan pedagigical content knowledge(PCK)dengan menggunakan model shulman pada pembelajaran karakteristik gelombang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy

Abstract

Pada saat mengajar sains secara efektif, seorang guru dituntut untuk paham dan mampu mengintegrasikan pengetahuan konten ke dalam pengetahuan kurikulum pembelajaran, mengajar, dan peserta didik. PCK antara satu guru dengan guru yang lain bisa terdapat persamaan dan perbedaan. Hal tersebut dipengaruhi oleh konteks mengajar, penguasaan konten dan pengalaman guru dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kompetensi guru fisika berdasarkan lama mengajar pada pembelajaran karakteristik gelombang dan mendreskripsikannya berdasarkan PCK model Shulman. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif deskriftif dengan analisis wacana yang dilaksanakan di SMAN Kasokandel Majalengka. Sampel yang digunakan adalah dua orang guru fisika yang memiliki lama pengalaman mengajar yang berbeda. Lama mengajar guru fiska menunjukan bahwa guru N yang lama mengajarnya dua puluh tiga tahun cenderung lebih fleksibel ketika menggunakan strategi mengajar disesuaikan dengan dilapangan dan keadaan peserta didik. Guru FL yang memiliki pengalaman mengajar selama satu tahun lebih fokus pada kedalaman materi dan model-model pembelajaran yang digunakan, penggunaan strategi cenderung kurang fleksibel, dan lebih pada perencanaan yang sudah dibuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Guru; PCK; PCK model Shulman; Lama Mengajar; Karakteristik Gelombang
Subjects: Education, Research
Education
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Neng Ayu Esty Ramadhani
Date Deposited: 12 Jul 2018 08:04
Last Modified: 12 Jul 2018 08:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11114

Actions (login required)

View Item View Item