Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Script terhadap Kemampuan Koneksi Matematik Siswa (Penelitian Eksperimen pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok di kelas VIII SMPN 5 Ciamis)

Selvy Putritama Agustin, Selvy (1210205081) (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Script terhadap Kemampuan Koneksi Matematik Siswa (Penelitian Eksperimen pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok di kelas VIII SMPN 5 Ciamis). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (816kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)

Abstract

Kemampuan koneksi matematika merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh para siswa. Berdasarkan studi pendahuluan di SMPN 5 Ciamis didapatkan bahwa matematika merupakan pelajaran yang kurang disukai siswa, karena mereka beranggapan bahwa matematika itu sulit. Demikian pula kemampuan koneksi matematik siswa di sekolah tersebut masih sangat rendah. Salah satu penyebabnya adalah kebanyakan siswa tidak mampu mengaitkan materi yang menjadi prasyarat untuk mempelajari materi yang akan diberikan, siswa beranggapan bahwa materi yang sudah dipelajari tidak akan ada kaitannya dengan materi selanjutnya. Hal ini dapat diketahui sejalan dengan pengalaman peneliti yang diberi kesempatan mengajar di kelas VIII SMPN 5 Ciamis. Model konvensional cenderung masih digunakan oleh guru, sehingga membuat siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematik siswa serta mendorong siswa termotivasi dalam menyelesaikan soal-soal koneksi matematik. Alternatif model pembelajaran yang diprediksikan mampu meningkatkan kemampuan koneksi matematik adalah model pembelajaran cooperatif script. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) Proses belajar mengajar matematika dengan model pembelajaran cooperatif script (b) Perbedaan kemampuan koneksi matematik siswa dengan model pembelajaran cooperatif script dengan handout, cooperatif script dan model konvensional. (c) Sikap siswa terhadap pembelajaran cooperatif script. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 5 Ciamis Tahun Ajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, sehingga didapat sampel kelas kelas VIII A menggunakan model cooperatif script dengan handout, VIII D menggunakan model cooperatif script, dan kelas VIII E menggunakan konvensional. Data diperoleh menggunakan instrumen tes yaitu pretest dan posttest, dan nontes yaitu lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan lembar skala sikap. Berdasarkan analisis data, maka diperoleh: (a) Aktivitas guru dan siswa meningkat selama proses pembelajaran. (b) terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematik antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran cooperatif script dengan handout, model pembelajaran cooperatif script, dan metode konvensional. (c) Siswa memberikan sikap positif terhadap pembelajaran menggunakan model cooperatif script.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Cooperatif Script, Kemampuan Koneksi Matematik, Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2016 08:17
Last Modified: 30 Mar 2016 04:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1002

Actions (login required)

View Item View Item