Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Matematika Berbasis Scientific untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa (Penelitian dan Pengembangan terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Cileunyi)

Ganjar Winanjar, Ganjar (1210205033) (2014) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Matematika Berbasis Scientific untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa (Penelitian dan Pengembangan terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Cileunyi). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover (1).pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK DAN DAFTAR ISI)
2_abstrak&daftarisi.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
3_bab1.pdf

Download (728kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB)
[img] Text (BAB III)
5_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
6_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)

Abstract

Salah satu tujuan pendidikan adalah melahirkan manusia yang mampu berpikir kritis, yaitu berpikir beralasan atau berpikir dengan penuh pertimbangan dan tidak percaya begitu saja terhadap suatu informasi yang didapatkan. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut dapat dilakukan melalui proses pembelajaran, salah satunya melalui proses pembelajaran matematika. Pada dasarnya, matematika mengajarkan untuk berpikir, sehingga belajar matematika dapat meningkatkan kemampuan berpikir, salah satunya berpikir kritis. Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya faktor pendekatan pembelajaran serta bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan dan menciptakan suatu produk bahan ajar berupa LKS yang dapat membantu pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan scientific. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R & D). Adapun model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yang terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate. Namun, dengan beberapa pertimbangan tahap disseminate tidak dilakukan pada penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMPN 2 Cileunyi. Hasil penelitian ini, diperoleh LKS yang memenuhi standar kelayakan bahan ajar dengan validitas 80,25 yang dikategorikan baik. Selain itu, penggunaan LKS dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa dengan Indeks Gain sebesar 0,739 yang menunjukkan derajat peningkatan kategori baik. Selain itu, sikap siswa terhadap LKS berbasis scientific adalah positif dengan rata-rata skor sikap siswa >2,5.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Pendekatan Scientific, Metode R & D, Model Pengembangan 4-D
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2016 08:10
Last Modified: 30 Mar 2016 04:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1001

Actions (login required)

View Item View Item