Manajemen peningkatan mutu sekolah: Penelitian di SMP Plus Al-Aqsha Sumedang

Burhanudin, Burhanudin (2018) Manajemen peningkatan mutu sekolah: Penelitian di SMP Plus Al-Aqsha Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK DAN DAFTAR ISI)
2_abstrak dan daftar isi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_bab1.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
5_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
6_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
7_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA: Sejak beririnya sekolah pada tahun 1994, SMP Plus Al-Aqsha Sumedang sudah melakuan perbaikan dalam proses pendidikan yaitu dengan diterapkanya kurikulum nasional pendidikan yang digabungkan dengan Kurikulum gontor dan pesantren salaf, upaya tersebut menarik untuk diteliti dalam proses peningkatan mutu sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kondisi awal mutu sekolah, perencanaan peningkatan mutu, pengendalian peningkatan mutu, perbaikan peningkatan mutu, dah hasil perbaikan peningkatan mutu SMP Plus Al-Aqsha Sumedang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori trilogi Juran yaitu perencanaan mutu, pengendalian mutu, dan perbaikan mutu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kategorisasi data, penafsiran data. Adapun uji absah data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, cek teman sejawat, analisis kasus negatif, kecukupan referensi dan uraian rinci. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, kegiatan manajemen peningkatan mutu berdasarkan trilogi mutu Juran yaitu: pertama, perencanaan mutu yang dilakukan di SMP Plus Al-Aqsha meliputi langkah-langkah analisis kebutuhan pasar, perumusan visi, misi dan tujuan. Kedua, pengendalian mutu yang dilakukan di SMP Plus Al-Aqsha meliputi menentukan struktur kerja dan pengawasan yang dilakukan kepala sekolah dan tim khusus. Ketiga perbaikan mutu yang dilakukan di SMP Plus Al-Aqsha meliputi perbaikan infrastruktur, pembuatan program jangka pendek, menengah, panjang, evaluasi Serta mengidentifikasi area tertentu yang membutuhkan perbaikan. Hasil dari peningkatan mutu di SMP Plus Al-Aqsha berdampak pada proses pembelajarn yang lebih inovatif, prestasi siswa dan pencapaian sekolah, kepuasan pelanggan baik internal maupun ekstrenal, serta pemenuhan delapan standar pendidikan nasional. ENGLISH Since 1994 SMP Plus Al-Aqsha has done the process of improving quality, it can be seen from the school achievements and its existence as well as the ability to compete with the other schools nearby SMP Plus Al-Aqsha. This research aims to find out and describe initial condition quality of SMP Plus Al-Aqsha, planning of quality improvement, control of quality improvement and evaluation of quality improvement in SMP Plus Al-Aqsha Sumedang. Theory used in this research is quality trilogy based on Juran, namely quality planning, quality control and quality improvement. This research uses qualitative method. Technique used in collecting data are observation, interview and documentation study. Data analysis conducted through data categorization and data interpretation. Test of data validation is done by extension of participation, observation persistence, triangulation, peer check, negative case analysis, reference adequacy and detailed description. The result of this research shows that management of quality improvement based on quality trilogy are first, planning of quality improvement in SMP Plus AL-aqsha conducted through several phases started from market analysis, formulation of vision, mission, and goals. Second, quality improvement control in SMP Plus Al-Aqsha is done by designing work structure, assessment and routine checks, carried out directly by the head of School. Third, evaluation of quality improvement in SMP Plus Al-Aqsha done by identifying the area that needs improvement, developing infrastructure, short, medium, and long term programming, evaluate and identify specific areas that need improvement. The result of quality improvement carried out by SMP Plus Al-Aqsha inpact on inovatif learning process, student achievement and school achievement, customer satisfaction both internal and external, As well as the fulfillment of eight nationl education standards.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Mutu; Sekolah
Subjects: Adult Education
Adult Education > Adult Education in Indonesia
General Management
General Management > Control and Quality Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nurul Asri Amalia
Date Deposited: 11 Feb 2019 03:54
Last Modified: 11 Feb 2019 03:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/9661

Actions (login required)

View Item View Item