Pengaruh model pembelajaran Hypnoteaching berbantu audio tilawah Al-Qur’an terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi Ekosistem

Kurniawan, Dwi (2023) Pengaruh model pembelajaran Hypnoteaching berbantu audio tilawah Al-Qur’an terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi Ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (468kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa, sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang menarik untuk menyampaikan pembelajaran agar siswa mampu memahami dengan baik pada belajaran biologi khususnya materi ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, menganalisis peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi, menganalisis pengaruh model pembelajaran Hypnoteaching, dan mendeskripsikan respon siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Hypnoteaching berbantu audio tilawah Al-Qur’an. digunakan dua kelas yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 20 siswa. Berdasarkan analisis hasil keterlaksanaan untuk guru dan siswa termasuk dalam kategori sedang dengan persentase siswa sebesar 79% dan guru 73,3%. Keterampilan berpikir tingkat tinggi pada kelas eksperimen dengan skor perolehan nilai n-gain yaitu 0,43 (sedang) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 0,29 (rendah). Nilai t tabel 2,03 dan nilai t hitung 6,57 yang dimana t hitung > t tabel dengan demikian maka Ho ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang positif terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Respon siswa dalam menggunakan model pembelajaran Hypnoteaching didapatkan persentase 84,3% dengan kategori sangat baik. Hypnoteaching berbantu audio tilawah Al-Qur’an dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Hypnoteaching; Audio Tilawah Al-Qur’an; Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa; Ekosistem
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Dwi Kurniawan
Date Deposited: 02 May 2023 07:13
Last Modified: 02 May 2023 09:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/66982

Actions (login required)

View Item View Item