Penerapan model pembelajaran Direct Instruction terhadap hasil belajar siswa pada materi Ekosistem

Heningsasmito, Bayu Nugroho (2023) Penerapan model pembelajaran Direct Instruction terhadap hasil belajar siswa pada materi Ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Direct Instruction pada materi ekosistem. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-experimental dengan desain one group pre-test post-test. Sampel penelitian dipilih melalui teknik Purposive Sampling, yaitu sampelnya ditentukan berdasarkan kriteria tertentu oleh pihak guru mata pelajaran biologi di sekolah. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Manshuriyah, Kabupaten Sukabumi. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa soal kognitif, lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan Hasil Perhitungan statistik uji Paired Sample Test menujukan Sig. 0,000 < 0,05 artinya terdapat peningkatan terhadap hasil belajar siswa menggunakan model Direct Instruction. Data hasil penelitian berupa keterlaksanaan Pembelajaran menggunakan model Direct Instruction memperoleh skor ketercapaian aktivitas guru sebesar 85% dengan kategori baik, dan keterlaksanaan aktivitas siswa sebesar 80% dengan kategori baik. Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model Direct Instruction memperoleh nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,64% dengan kategori sedang. Nilai N-Gain per indikator tertinggi yaitu C6 dengan skor 0,82 sedangkan yang terendah pada indikator C5 dengan skor 0,53. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model Direct Instruction memperoleh nilai 81% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Direct Instruction; hasil belajar siswa; materi Ekosistem
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Bayu Bayu Nugroho Heningsasmito
Date Deposited: 31 Mar 2023 03:15
Last Modified: 31 Mar 2023 03:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/66414

Actions (login required)

View Item View Item