Penerapan model Student Fasilitator and Explaining (SFE) untuk meningkatkan keterampilan komunikasi tulisan siswa pada materi sistem reproduksi

Muthmainnah, Nurawaliyah (2019) Penerapan model Student Fasilitator and Explaining (SFE) untuk meningkatkan keterampilan komunikasi tulisan siswa pada materi sistem reproduksi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (850kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (983kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy

Abstract

Kurangnya kemampuan siswa dalam menginterpretasikan soal-soal dalam bentuk membaca gambar, tabel maupun grafik menunjukkan rendahnya keterampilan komunikasi tulisan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran, peningkatkan keterampilan komunikasi tulisan dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan model SFE pada materi sistem reproduksi. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen menggunakan desain one-group pretest-postest design. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Warungkondang berjumlah 26 siswa. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 93,5% dengan kategori sangat baik dan aktivitas siswa sebesar 86% dengan kategori baik. Keterampilan komunikasi tulisan siswa menunjukkan peningkatan dengan nilai n-gain sebesar 0,52 dengan kategori sedang. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan model SFE menunjukkan rata-rata nilai sebesar 3,5 dengan kategori tinggi. Peningkatan keterampilan komunikasi tulisan siswa terlihat pada kegiatan diskusi dan tanya jawab dalam kelompok. Fasilitator berperan aktif dalam membantu menciptakan diskusi di kelas. Melalui LKPD membantu siswa berlatih mengerjakan soal-soal komunikasi tulisan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Tulisan; Student Fasilitator and Explaining; Sistem Reproduksi
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: nurawaliyah muthmainnah
Date Deposited: 06 Nov 2019 04:07
Last Modified: 06 Nov 2019 04:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26694

Actions (login required)

View Item View Item