Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Think Pair Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Usaha Dan Energi (Penelitian Pre-Experiment Terhadap Siswa Kelas VIII Mts Dipatiukur Ciparay)

Dede Nurhasanah, Dede (120 920 7014) (2014) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Think Pair Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Usaha Dan Energi (Penelitian Pre-Experiment Terhadap Siswa Kelas VIII Mts Dipatiukur Ciparay). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_bab1.pdf

Download (774kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB)
[img] Text (BAB III)
5_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
6_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di MTs Dipatiukur Ciparay, didapatkan data bahwa hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fisika materi pokok usaha dan energi masih berada di bawah nilai ketuntasan minimal (KKM). Untuk mengatasi hal tersebut diterapkanlah model pembelajaran Cooperative Learning Type Think Pair Square. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Type Think Pair Square pada materi pokok usaha dan energi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experiment dengan desain one group pretest posttest. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan cara mengundi kelas, dan sampel yang terpilih adalah kelas VIII-A dengan jumlah 41 sampel. Data keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa diperoleh dari lembar observasi dan data hasil belajar siswa diperoleh dari tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 18 soal. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh: Rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa berada pada kategori sangat baik, yaitu 97% untuk guru dan 87% untuk siswa. Dan terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan N-gain 0,73 kategori tinggi. Sedangkan hasil perhitungan dengan uji wilcoxon match pair-test didapat data Zhitung > Ztabel pada taraf signifikan 0,05. Karena Zhitung > Ztabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan setelah digunakannya model pembelajaran Cooperative Learning Type Think Pair Square pada materi pokok usaha dan energi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Cooperative Learning Type Think Pair Square, hasil belajar, usaha dan energi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2017 03:17
Last Modified: 22 Mar 2017 12:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/2656

Actions (login required)

View Item View Item