Model pembelajaran cooperative learning tipe TAPPS (Think Aloud Pair Problem Solving) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa : Penelitian pre-eksperimen pada siswa kelas XI IPA 1 di SMAN Jatinangor

Nuriyatuzzahroh, Nuriyatuzzahroh (2019) Model pembelajaran cooperative learning tipe TAPPS (Think Aloud Pair Problem Solving) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa : Penelitian pre-eksperimen pada siswa kelas XI IPA 1 di SMAN Jatinangor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTARISI)
2_Daftarisi.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_Bab1.pdf

Download (685kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
5_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
6_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
7_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari berpikir kritis siswa yang masih rendah, sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa, menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dan respon siswa ketika sesudah belajar menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe TAPPS (Think Aloud Pair Problem Solving). Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimen dengan menggunakan desain penelitian one grup pretest posttest. Sampel yang digunakan dalam penelitian hanya menggunakan satu kelas yaitu kelas XI IPA 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe TAPPS (Think Aloud Pair Problem Solving) terlaksana dengan baik yang memiliki rata-rata 96% untuk keterlaksanaan guru dan siswa. Kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dari hasil pretest dan posttest. Hasil uji t berpasangan (paired) menunjukkan bahwa nilai yang didapatkan t hitung (4,96) dan nilai t tabel (2,04) yang dimana t hitung > dari t tabel maka terdapat perbedaan yang signifikan belajar dengan menggunakan model pembelajaran TAPPS. Dan respon siswa dengan menggunakan model pembelajaran TAPPS dengan nilai rata-rata 78,19%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning; TAPPS (Think Aloud Pair Problem Solving); Berpikir Kritis; Sistem Imun
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Diseases > Diseases of Immune System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: nuri yatuzzahroh abdillah
Date Deposited: 28 Oct 2019 03:03
Last Modified: 28 Oct 2019 03:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25670

Actions (login required)

View Item View Item