Pembuatan e-module pembelajaran berorientasi literasi kimia pada materi laju reaksi

Andriyansah, Andri (2018) Pembuatan e-module pembelajaran berorientasi literasi kimia pada materi laju reaksi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan setiap tahap pembuatan, tampilan serta analisis hasil uji validasi dan kelayakan e-module pembelajaran berorientasi litersi kimia pada materi laju reaksi. Metode penelitian yang digunakan adalah Design Based Research (DBR) yang terdiri dari dua tahap utama, yaitu; 1) tahap pembuatan produk meliputi tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan produk; 2) tahap pengujian produk meliputi uji validasi serta kelayakan baik dari aspek penyajian materi maupun aspek tampilan. Produk yang dihasilkan berupa e-module pembelajaran pada materi laju reaksi yang disajikan ke dalam bentuk teks, gambar, animasi, flash, dan video, yang mencerminkan komponen literasi kimia yaitu aspek konten, konteks, proses sains dan sikap sains. Validasi dilakukan oleh tiga validator ahli. Secara umum hasil nilai rata-rata uji validasi dalam bentuk rhitung yaitu antara 0,7-0,8, dapat dinyatakan valid. Produk telah melalui tahap revisi berdasarkan saran perbaikan selama proses pembuatan. Selanjutnya produk diuji kelayakan kepada responden terbatas. Hasil uji kelayakan menghasilkan rata–rata 92-96% responden setuju terhadap semua kriteria dalam e-module. Hal tersebut menunjukkan bahwa e-module pembelajaran berorientasi literasi kimia pada materi laju reaksi telah layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: E-module; literasi kimia; laju reaksi;
Subjects: Education, Research
Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Technology, Applied Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Andri Andriyansah
Date Deposited: 13 Nov 2018 04:14
Last Modified: 13 Nov 2018 04:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16579

Actions (login required)

View Item View Item