Model Pembelajaran MORE (Model-Observe-Reflect- Explain) Berbantuan Multimedia untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa Menghubungkan Tiga Level Representasi pada Konsep Reaksi Oksidasi-Reduksi

Rindi Sri Suryaningrat Jauhari, Rindi (1210208078) (2014) Model Pembelajaran MORE (Model-Observe-Reflect- Explain) Berbantuan Multimedia untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa Menghubungkan Tiga Level Representasi pada Konsep Reaksi Oksidasi-Reduksi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text (BAB I - IV)
4_bab1sd4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa pada model pembelajaran MORE, menganalisis kemampuan siswa menghubungkan tiga level representasi di setiap tahap model pembelajaran MORE, dan menganalisis kemampuan siswa menghubungkan tiga level representasi setelah pembelajaran MORE. Metode yang digunakan dalam penelelitian ini adalah penelitian kelas terhadap siswa kelas X SMAI YAPPAS AL-Barakah. Instrument yang digunakan adalah deskripsi pembelajaran, lembar observasi, lembar kerja siswa, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa pada tahap model, observe, dan explain adalah baik dengan persentase 80%, sedangkan pada tahap reflect persentasenya adalah 75%. Kemampuan siswa menghubungkan tiga level representasi pada tahap model adalah 42 dengan interpretasi cukup, pada tahap observe adalah 70 dengan interpretasi baik, pada tahap reflect adalah 77 dengan interpretasi baik, dan pada tahap explain adalah 65 dengan interpretasi baik. Kemampuan siswa menghubungkan tiga level representasi setelah pembelajaran MORE dengan persentase tertinggi diperoleh pada indikator mengkonversi makroskopik ke submikroskopik adalah 58% dengan interpretasi cukup, dan persentase terendah diperoleh pada indikator mengkonversi submikroskopik ke simbolik adalah 33% dengan interpretasi kurang

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran MORE, Tiga Level Representasi, Reaksi Redoks
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Chemistry and Allied Science > Chemists
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 20 May 2016 02:54
Last Modified: 25 May 2016 05:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1617

Actions (login required)

View Item View Item