Pengaruh konseling kognitif perilaku terhadap aktualisasi diri siswa : Penelitian di SMA Al-Amanah Ciwidey

Mulyati, Dede Sri (2018) Pengaruh konseling kognitif perilaku terhadap aktualisasi diri siswa : Penelitian di SMA Al-Amanah Ciwidey. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (487kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Dede Sri Mulyati: Pengaruh Konseling Kognitif Perilaku Terhadap Aktualisasi Diri Siswa (Penelitian di SMA Al-Amanah Ciwidey) Sebagaimana fenomena kenakalan remaja yang sering terjadi di sekolah dan lingkungan sosial lainnya. Kenakalan seringkali dianggap hal yang lumrah dilakukan pada sosok remaja sebagai wujud aktualisasi diri dan eksistensi mereka. Salah satu penyebab kenakalan remaja ialah ketidakmampuan seseorang dalam mengaktualisasikan dirinya. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Abraham Maslow, yaitu bahwa manusia dimotivasi untuk menjadi segala sesuatu yang dia mampu untuk menjadi itu. Walaupun kebutuhan hidupnya terpenuhi, namun apabila kebutuhan aktualisasi diri tidak terpenuhi, tidak mengembangkan atau tidak mampu menggunakan kemampuan bawaannya secara penuh, maka seseorang akan mengalami kegelisahan, ketidak senangan, atau frustasi. Yang menjadi masalah ialah, kebanyakan siswa selalu salah langkah dalam mengaktualisasikan diri, maka dilakukan konseling kognitif perilaku oleh guru BK SMA Al-Amanah, agar siswa dapat memperbaiki pola pikir dan perilaku yang menyimpang. Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui pelaksanaan konseling kognitif perilaku di SMA Al-Amanah; untuk mengetahui aktualisasi diri siswa di SMA Al-Amanah Ciwidey; untuk mengetahui pengaruh penerapan konseling kognitif perilaku terhadap aktualisasi diri siswa kelas XII IPA SMA Al Amanah Ciwidey. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif adalah penelitian yang analisisnya lebih fokus pada data-data numerical (angka) yang diolah dengan menggunakan metode statistik. Sedangkan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian gambaran konseling kognitif perilaku, diperoleh hasil rata-rata persantase nya ialah 77%. Sedangkan, hasil penelitian gambaran aktualisasi diri siswa, diperoleh hasil rata-rata persentase sebesar 80%. Ini berarti bahwa pelaksanaan koneling kognitif perilaku dan aktualisasi diri siswa SMA Al-Amanah Ciwidey sudah termasuk kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian pengaruh konseling kognitif perilaku terhadap aktualisasi diri, siswa kelas XII IPA 3 di SMA Al-Amanah Ciwidey. Untuk mengetahui regresi (pengaruh) menggunakan pengujian uji-t signifikansi 0,05 (α=5%). Dari hasil output SPSS Version 20 diperoleh Pv 0,012 artinya Pv < α, atau 0,012 lebih kecil dari nilai 0,05 maka H0 ditolak, ini berarti hipotesis yang diajukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara konseling kognitif perilaku dan aktualisasi diri. Sedangkan, untuk mengetahui besarnya pengaruh konseling kognitif perilaku terhadap aktualisasi diri menggunakan koefisien determinasi. Diketahui besarnya pada kolom R Square atau r2=0,100, atau koefisien determinasi dalam penelitian ini bila diubah menjadi persentase adalah 10%, dan sisanya 100% - 10% = 90% di pengaruhi oleh variabel lain selain layanan konseling kognitif perilaku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Konseling; kognitif; perilaku; aktualisasi; siswa.
Subjects: Psychology > Education of Psychology
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Dede Sri Mulyati
Date Deposited: 31 May 2018 07:47
Last Modified: 31 May 2018 07:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/9691

Actions (login required)

View Item View Item