Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Akar Kuadrat Menggunakan Metode STAD : Penelitian Tindakan Terhadap Siswa di Kelas V MI Al-Istiqomah Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung

Fauzi, Rizki Maulana (2017) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Akar Kuadrat Menggunakan Metode STAD : Penelitian Tindakan Terhadap Siswa di Kelas V MI Al-Istiqomah Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy

Abstract

Penelitianini berlatar belakang dari munculnya permasalahan yang terjadi dikelas V MI Al-Istiqamah Kabupaten Bandung tentang rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika yang belum tercapai Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 70 dengan nilai rata-rata 57 dengan persentase ketuntasan 32 %. Hal tersebut diidentifikasi dari rendahnya minat belajar. Pelajaran matematika dianggap paling sulit diantara pelajaran-pelajaran yang lain ketika penulis menanyakan kepada anak-anak di dalam kelas tentang materi akar kuadrat yang nilainya kurang dalam Kriteria Ketuntasan Minimal. Materi tentang menghitung akar kuadrat sebelumnya tidak dipelajari di kelas IV jadi merupakan materi yang baru di kelas V. Tujuan penelitian yaitu (1) Mengetahui hasil belajar Matematika di kelas V MI Al-Istiqomah Kabupaten Bandung tentang cara menghitung akar kuadrat sebelum menggunakan model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division (STAD). (2) Mengetahui proses pembelajaran Matematika di kelas V MI Al-Istiqomah Kabupaten Bandung tentang cara menghitung akar kuadrat dengan menggunakan model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada setiap siklus. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitiantindakankelas(PTK) dilakukantigasiklusdengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Al-Istiqomah sebanyak 34 orang siswa. Instrumen yang digunakandalampenelitianini adalahlembarsoal, lembarobservasi, dandokumentasi.Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitaif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis akhirhasilpenelitianberdasarkan data yang diperolehterdapathasil yang cukupsignifikan, ditunjukkandenganmeningkatnyahasilbelajarsiswa MI Al-Itiqomah dengan motode pembelajaran cooperative learning tipe STAD. Kemampuansiswadariperolehannilaiformatifsiswatiapsiklusdiperoleh data bahwasiswatelahtuntasbelajarnyadenganperolehannilairata-rata dan persentasekemampuanmemahamiakarkuadratsebagaiberikut : siklus I nilai rata-rata 74 dengan persentase ketuntasan 59 %, Siklus II nilai rata-rata 75 dengan persentase ketuntasan 62 %,Siklus III nilai rata-rata 92 dengan persentase 88 %sangatbaik. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode STAD pada pembelajaran matematika materi akar kuadrat dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Student Team Acievment Division; Meningkatkan Hasil Belajar; Matematika; STAD; Siswa Kelas V;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rizki Maulana Fauzi
Date Deposited: 30 May 2018 06:57
Last Modified: 30 May 2018 06:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/9622

Actions (login required)

View Item View Item