Muhammadiyah dan Dualisme Pendidikan di Indonesia

Mahmud, Mahmud (2004) Muhammadiyah dan Dualisme Pendidikan di Indonesia. Cetakan Pertama, I . Azkia Pustaka Utama, Bandung. ISBN 979-98526-1-7

[img]
Preview
Text
FINAL BUKU MUHAMMADIYAH DAN DUALISME PENDIDIKAN DI INDONESIA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Buku ini mencoba menyajikan perspektif sejarah mengenai kelembagaan pendidikan Islam di Indonesia, khususnya yang ditangani oleh Muhammadiyah sebagai organisasi kemasyarakatan yang terpanggil untuk turut serta dalam proses pendidikan. Bagaimanapun memahami pendidikan Islam di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari tema dikotomi dan dualisme pendidikan. Pada masa kolonial Belanda, sistem pendidikan yang diseleng-garakan di Indonesia menampilkan dualisme yang mencolok. Hal tersebut terlihat pada penyelenggaraan model pendidikan pesantren dan gubernemen di pihak yang lain. Buku ini mencoba menghadirkan telaahan tentang bagaimana upaya Muhammadiyah dalam mengintegrasikan dualisme pendidikan tersebut, sehingga Muhammadiyah menjadi semacam sintesis dari pendidikan pesantren tradisional dan pendidikan gubernemen di Indonesia pada masa itu.

Item Type: Book
Subjects: Education and Research of History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tedi Priatna
Date Deposited: 26 May 2018 12:26
Last Modified: 26 May 2018 16:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/9605

Actions (login required)

View Item View Item