Pengaruh Strategi Wankat-Oreovocz terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP Nusantara Raya Bandung

Siti Jalilah, Siti (1210205084) (2014) Pengaruh Strategi Wankat-Oreovocz terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP Nusantara Raya Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text (BAB I - IV)
4_bab1sd4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB)

Abstract

Permasalahan rendahnya pemecahan masalah matematik menjadi dasar dalam penelitian ini, sehingga alternatif solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut mutlak diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah esensi dari pengaruh strategi Wankat-Oreovocz terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Mengarah pada tujuan tersebut maka penelitian ini mengkaji: 1) gambaran aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran matematika menggunakan strategi Wankat-Oreovocz; 2) perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa antata siswa yang menggunakan strategi Wankat-Oreovocz Berpasangan, strategi Wankat-Oreovocz Berkelompok, dan pembelajaran Konvensional; 3) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Wankat-Oreovocz. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group, desain ini termasuk kepada desain Quasi Experimental. Subyek penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Nusantara Raya Bandung tahun pelajaran 2013/2014 dengan sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII-2, VIII-3, dan VIII-4. Instrument penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes awal (pretest) dan test akhir (posttest) serta skala sikap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas guru dan siswa yang menggunakan strategi Wankat-Oreovocz Berpasangan dan strategi Wankat-Oreovocz Berkelompok mengalami peningkatan dari setiap pertemuan; 2) Tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan strategi Wankat-Oreovocz Berpasangan, strategi Wankat-Oreovocz Berkelompok dengan pembelajaran Konvensional; 3) Sikap siswa yang menggunakan strategi Wankat-Oreovocz Berpasangan dan strategi Wankat-Oreovocz Berkelompok positif, baik terhadap pembelajaran matematika, terhadap pembelajaran matematika dengan strategi Wankat-Oreovocz, maupun terhadap soal-soal pemecahan masalah matematik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah matematik, strategi Wankat-Oreovocz Berpasangan dan strategi Wankat-Oreovocz Berkelompok.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2016 04:06
Last Modified: 30 Mar 2016 04:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/960

Actions (login required)

View Item View Item