Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Kalor

Nenden Hasanah, Nenden (1209207053) (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Kalor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_bab1.pdf

Download (587kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text (BAB III)
5_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
6_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa dalam memahami konsep-konsep yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari pada materi kalor. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dilakukan penelitian” penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition)” dengan tujuan untuk mengetahui: (1) Keterlaksanaan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada materi kalor. (2) Peningkatan pemahaman konsep pada siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada materi kalor. Penelitian ini dilakukan di kelas X MA Al-Jawami Bandung dengan sampel sebanyak satu kelas yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen), yaitu penelitian yang dilaksanakan pada satu kelompok siswa (kelompok eksperimen) tanpa adanya kelompok pembanding (kelompok control). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-group pretest-posttest design. Data keterlaksanaan proses pembelajaran fisika pada materi kalor diperoleh dari lembar analisis guru dan siswa, peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi kalor diperoleh dari nilai yang diperoleh siswa yang diukur oleh pretest dan postest berupa pilihan ganda sebanyak 14 soal yang menggambarkan indikator pemahaman konsep. Berdasarkan pengolahan dan analisis data hasil penelitian yang telah dilakukan di MA Al-Jawami Bandung mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi kalor , diperoleh kesimpulan: 1) Hasil analisis lembar observasi menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC setiap pertemuan meningkat dengan rata-rata keterlaksanaan 91,53%. 2) Nilai rata-rata tes awal siswa sebesar 42,5 meningkat pada saat tes akhir menjadi 85,7. Hasil perhitungan dengan uji wilcoxon menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan yang signifikan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan hasil uji Wilcoxon (uji z) yang menunjukan zhitung(4,11)lebih besar dari nilai ztabel(2,88). Besarnya peningkatan pemahaman konsep siswa ditunjukkan oleh indeks normal gain adalah sebesar 0,69. Nilai ini termasuk dalam kategori sedang

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC, Pemahaman Konsep, eksperimen semu
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Heat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2016 01:58
Last Modified: 04 Apr 2016 05:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/953

Actions (login required)

View Item View Item