Konsep Tuhan dalam Paradigma Pendidikan Islam

Priatna, Tedi and Wahyudin, Dedih and Hamzah, Nur (2017) Konsep Tuhan dalam Paradigma Pendidikan Islam. Artikel Ilmiah. pp. 1-18. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
KONSEP TUHAN DALAM PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Islam diorientasikan pada upaya mengejawantahkan nilai-nilai Ilahiah dalam pribadi setiap peserta didik; Pendidikan Islam merupakan upaya manusia untuk menginternalisasikan sifat-sifat Allah yang ada pada dirinya; Kekuasaan dan Kemutlakan Allah dalam segala dimensi-Nya harus tampak dalam seluruh komponen pendidikan Islam, baik dalam tujuan, materi, dan komponen pendidikan lainnya; Dimensi kebenaran Allah mengisyaratkan bahwa hanyalah Dia Sumber Kebenaran, melahirkan cara pandang epistemologis tentang apa yang disebut dengan pengetahuan; tidak ada pengetahuan yang dianggap benar jika tidak bersumber dan tidak merujuk tanda-tanda Allah, baik Qauniyah maupun Qauliyah; hal itu berlaku juga dalam epistemologi pendidikan Islam.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tuhan, Kebenaran, Kekuasaan, Paradigma Pendidikan Islam
Subjects: Education > Philosophy and Theory of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tedi Priatna
Date Deposited: 22 May 2018 19:16
Last Modified: 22 May 2018 19:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/9461

Actions (login required)

View Item View Item